Para pelaku usaha yang memiliki kanal digital dinilai lebih tangguh menghadapi pandemi karena bisa menjaga keberlangsungan bisnis dan menciptakan lapangan pekerjaan bagi lingkungan sekitar. Hal ini diungkapkan Head of Engineering Tokopedia, Rico Harisin.
Tokopedia, melalui Rico pun membagikan lima inovasi digital di aplikasi Tokopedia Seller yang bisa dimanfaatkan para pelaku usaha lokal, khususnya UMKM, dalam mengembangkan bisnis di tahun 2022.
1. Tombol ‘Balas’ Jalan Pintas Balas Pesan
“Hanya dengan menekan tombol ‘Balas’ yang muncul di notifikasi, tanpa membuka aplikasi Tokopedia, penjual bisa membalas pesan dari pembeli dengan cepat,” jelas Rico.
Rico menambahkan bahwa kecepatan membalas pesan menjadi salah satu parameter untuk mengukur skor performa toko penjual.
“Semakin tinggi skor toko, penjual bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan, seperti bonus eksklusif, akses mencoba fitur baru hingga kesempatan spesial mengikuti beragam kampanye supaya jualan semakin laris manis,” tuturnya.
2. Koneksi Internet Hilang? Tidak Perlu Tulis Deskripsi Ulang
Aplikasi Tokopedia akan secara otomatis menyimpan informasi terakhir saat penjual menambahkan produk, seperti deskripsi atau foto produk yang ingin dijual.
“Jadi jika ada kendala koneksi internet, penjual tidak perlu repot memasukkan informasi ulang,” kata Rico.
3. Cetak Label Pengiriman dari Genggaman Tangan
“Penjual di Tokopedia juga bisa menggunakan fitur ‘Print Shipping Label’ untuk mencetak label alamat pengiriman langsung melalui aplikasi, tanpa harus membuka komputer,” cetus Rico.
4. Perluas Wawasan Pasar
Dengan fitur ‘Wawasan Pasar’ di Tokopedia, penjual bisa mendapat berbagai informasi yang dibutuhkan untuk mengembangkan bisnis.
Penulis | : | Rafki Fachrizal |
Editor | : | Rafki Fachrizal |
KOMENTAR