Para pelaku usaha yang memiliki kanal digital dinilai lebih tangguh menghadapi pandemi karena bisa menjaga keberlangsungan bisnis dan menciptakan lapangan pekerjaan bagi lingkungan sekitar. Hal ini diungkapkan Head of Engineering Tokopedia, Rico Harisin.
Tokopedia, melalui Rico pun membagikan lima inovasi digital di aplikasi Tokopedia Seller yang bisa dimanfaatkan para pelaku usaha lokal, khususnya UMKM, dalam mengembangkan bisnis di tahun 2022.
1. Tombol ‘Balas’ Jalan Pintas Balas Pesan
“Hanya dengan menekan tombol ‘Balas’ yang muncul di notifikasi, tanpa membuka aplikasi Tokopedia, penjual bisa membalas pesan dari pembeli dengan cepat,” jelas Rico.
Rico menambahkan bahwa kecepatan membalas pesan menjadi salah satu parameter untuk mengukur skor performa toko penjual.
“Semakin tinggi skor toko, penjual bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan, seperti bonus eksklusif, akses mencoba fitur baru hingga kesempatan spesial mengikuti beragam kampanye supaya jualan semakin laris manis,” tuturnya.
2. Koneksi Internet Hilang? Tidak Perlu Tulis Deskripsi Ulang
Aplikasi Tokopedia akan secara otomatis menyimpan informasi terakhir saat penjual menambahkan produk, seperti deskripsi atau foto produk yang ingin dijual.
“Jadi jika ada kendala koneksi internet, penjual tidak perlu repot memasukkan informasi ulang,” kata Rico.
3. Cetak Label Pengiriman dari Genggaman Tangan
“Penjual di Tokopedia juga bisa menggunakan fitur ‘Print Shipping Label’ untuk mencetak label alamat pengiriman langsung melalui aplikasi, tanpa harus membuka komputer,” cetus Rico.
4. Perluas Wawasan Pasar
Dengan fitur ‘Wawasan Pasar’ di Tokopedia, penjual bisa mendapat berbagai informasi yang dibutuhkan untuk mengembangkan bisnis.
“Fitur ini memungkinkan penjual melihat kata kunci yang paling sering digunakan pembeli, produk terlaris, rekomendasi kategori sampai inspirasi tren produk sehingga dapat menghadirkan inovasi yang relevan dan strategi promosi yang lebih efektif serta efisien,” tambah Rico.
5. Gaet Makin Banyak Pembeli dengan Voucher Toko
Voucher Toko adalah sebuah fitur gratis dari Tokopedia dimana penjual dapat membuat promonya sendiri.
“Dengan fitur ini, penjual bisa dengan bebas menentukan periode, anggaran dan jenis promo yang diinginkan supaya bisa menggaet lebih banyak pembeli,” jelas Rico.
Baca Juga: Tokopedia Ungkap Kilas Balik Tren Jual-Beli Online di Tahun 2021
Penulis | : | Rafki Fachrizal |
Editor | : | Rafki Fachrizal |
KOMENTAR