Sedang berpikir bagaimana caranya agar jualan online Anda di Blibli.com bisa banyak yang beli atau laris manis? Jika iya, berikut ada beberapa cara yang bisa Anda diterapkan.
Seperti diketahui, persaingan toko online di platform marketplace/e-commerce seperti Blibli.com kini semakin ketat.
Oleh karena itu, Anda perlu menyiapkan strategi berjualan online yang tepat agar tetap bertahan dan mencapai kesuksesan dengan meningkatnya penjualan.
Nah bagi Anda yang berjualan online melalui toko online yang dibuat di Blibli.com. berikut ini ada beberapa cara supaya produk yang dijual bisa laris manis. Yuk disimak!
1. Foto dan Deskripsi Produk yang Jelas
Foto dan deskripsi produk sangatlah menunjukkan kualitas produk toko online Anda. Saat menggungah produk, pastikan foto yang produk yang digunakan berkualitas baik. Jangan gunakan foto yang blur dan tidak jelas.
Selain itu, tulis deskripsi secara detail mulai dari bahan pembuatannya, harganya, ukurannya, cara menggunakannya dan perawatannya, hingga garansinya.
Pembeli pasti selalu melihat foto dan membaca deskripsi produk sebelum membelinya. Mereka bahkan bisa tertarik untuk membeli atau tidak, berdasarkan deskripsi produknya.
2. Produk yang Bervariasi
Semakin banyak variasi produk yang toko online Anda jual, maka pembeli memiliki banyak pilihan untuk membeli produk yang tersedia.
Nah, saat ini ada fitur menarik di Blibli.com di mana Anda dapat mengetahui produk yang sedang populer di Blibli.com sampai produk yang banyak dicari oleh pembeli namun masih sedikit toko online di Blibli.com yang jual.
Untuk menggunakan fitur ini, Anda perlu masuk ke Blibli Seller Center, kemudian klik Analisa > Peluang Produk.
3. Harga Produk yang Kompetitif
Untuk menjangkau daya beli pembeli yang lebih besar, selain menjaga kualitas produk maka Anda dapat juga memberikan harga yang kompetitif.
Cobalah untuk cek analisa harga produk Anda di Blibli.com agar bisa membandingkan harga yang dipasang toko online lainnya dengan fitur Daya Saing Harga.
Caranya mudah, Anda bisa masuk ke Blibli Seller Center, klik Menu Analisa > Daya Saing Harga.
4. Perbarui Ketersediaan Stok Produk
Jangan biarkan pembeli kecewa saat ingin membeli produk Anda karena yang muncul adalah “stok habis/tidak tersedia”.
Jika produk Anda memiliki stok yang mencukupi maka akan membuat kepercayaan pembeli bertambah untuk berbelanja di toko online Anda.
Lakukan pengecekan berkala semua stok produk aktif yang ada di Blibli Seller Center dengan cara klik Menu Produk > Stok Kosong.
5. Segera Proses Pesanan
Saat mendapatkan pesanan baru, segera siapkan produk dan proses pengiriman ke pembeli sebelum terkena batas auto-cancel (pembatalan otomatis).
Jika respon Anda cepat maka akan berpengaruh juga kepada performa Rating Seller yang akan membuat pembeli merasa aman dan percaya untuk membeli di toko online Anda.
Untuk melihat data pesanan baru, masuk ke Blibli Seller Center, kemudian klik Pesanan > Pesanan Baru, dan segera respon pengiriman sesuai dengan tipe produk yang dipesan oleh pembeli.
6. Cek Kesesuaian Order dan Gunakan Kemasan yang Aman
Lakukan pengecekan produk sebelum dikirimkan agar sesuai dengan pesanan pembeli. Di sini, Anda akan dipermudah karena shipping label yang tersedia di Blibli Seller Center sudah tercantum pesanan pembeli secara detail.
Selain itu, untuk menghindari kondisi produk rusak saat diterima oleh pembeli, maka gunakan kemasan yang aman dengan tambahan pelindung seperti bubble wrap.
7. Promosi yang Menarik
Semua pengguna layanan toko online pasti suka dengan promosi dan akan tertarik untuk berbelanja di toko online yang memberikan promo-promo menarik.
Nah, di Blibli Seller Center sudah tersedia berbagai macam promosi yang bisa Anda gunakan untuk menarik minat pembeli.
Promosi tersebut seperti Promo Combo, Promo Grosir, Promo Diskon, dan yang terbaru Promo Voucher Seller.
Oh ya, promo-promo tersebut tidak memerlukan persetujuan dari pihak Blibli untuk mengaktifkannya karena Andalah yang menentukan besaran diskon dan periode promonya.
8. Aktif di Media Sosial
Media sosial kini masih menjadi tempat berjualan online yang sangat efektif. Maka dari itu, Anda perlu aktif di media sosial seperti Instagram, Facebook, TikTok, dan lainnya.
Anda bisa bikin akun khusus buat jualan produkmu. Nah, buatlah konten secara rutin dan tidak hanya berjualan produk aja. Tapi, juga konten menarik yang bermanfaat.
Misalnya, Anda posting tips-tips, fakta menarik, video, dan masih banyak lagi. Di setiap konten yang dipublikasikan, jangan lupa buatlah teks atau link yang mengarahkan mereka ke toko online Anda di Blibli.com.
Intinya, media sosial akan memudahkan Anda menjangkau lebih banyak audiens. Jadi, Anda bisa mendapatkan calon pembeli potensial yang akan membeli produk Anda.
Baca Juga: Sering Belanja Online di Blibli? Ini Cara Menghemat Biaya Ongkirnya
Penulis | : | Rafki Fachrizal |
Editor | : | Rafki Fachrizal |
KOMENTAR