Dalam rangka Hari Hak Konsumen Sedunia yang jatuh pada 15 Maret 2022, Tokopedia membagikan lima hal yang penting dilakukan pengguna saat menerima pesanan online.
1. Jangan buru-buru klik ‘Selesaikan Pesanan’
Pembeli harus memastikan terlebih dahulu produk yang diterima betul-betul sesuai dengan pesanan.
“Karena jika pengguna sudah klik ‘Selesaikan Pesanan’ otomatis dana akan langsung diteruskan Tokopedia ke penjual,” jelas External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya.
2. Segera cek barang
Saat membuka paket, ambil foto atau lakukan video unboxing sebagai bukti atas produk yang diterima.
Apabila produk yang diterima tidak sesuai dengan pesanan atau deskripsi produk, klik ‘Ajukan Komplain’ dan sertakan bukti yang diperlukan - bisa dalam bentuk foto atau video - untuk mendapatkan solusi yang terbaik.
Dana hanya akan diteruskan Tokopedia ke penjual jika produk yang diterima sudah sesuai dengan pesanan pembeli.
3. Perhatikan batas waktu Komplain
Apabila barang yang diterima bermasalah, pembeli dapat mengajukan komplain dalam waktu maksimal 2x24 jam sejak status pesanan tiba di tujuan.
“Pastikan Anda mengajukan komplain sesuai dengan batas waktu supaya kendala bisa ditangani di Pusat Resolusi Tokopedia,” kata Ekhel.
4. Cek ongkos kirim akhir
Jika mengalami kendala biaya pengiriman yang tidak sesuai, maka pengguna dapat mengajukan pengembalian ongkos kirim kepada penjual.
Pengguna hanya perlu mengajukan komplain dan sertakan alasan biaya pengiriman berbeda lalu unggah bukti foto yang menampilkan ketidaksesuaian biaya pengirimannya.
5. Jangan lupa kasih review
Review atau ulasan dari pembeli bisa sangat membantu penjual meningkatkan reputasi toko.
“Ulasan pembeli bisa mendukung kemajuan belasan juta penjual di Tokopedia yang hampir 100%nya UMKM,” jelas Ekhel.
Baca Juga: Tren Belanja Iklan 2021, Kanal Digital Belum Jadi Pilihan Utama
Penulis | : | Rafki Fachrizal |
Editor | : | Rafki Fachrizal |
KOMENTAR