Lazada Indonesia (Lazada) menyelenggarakan Lazada Annual Seller Awards 2022 untuk pertama kalinya di Indonesia sebagai bentuk apresiasi terhadap performa, kreativitas, layanan dan komitmen berkelanjutan dari penjual yang ada di ekosistem Lazada.
Mengusung 12 kategori penghargaan yang diberikan kepada 12 penjual inspiratif dan berprestasi, Lazada Annual Seller Awards 2022 diharapkan bisa menjadi motivasi bagi seluruh penjual di Lazada untuk terus berkembang di ekosistem ekonomi digital Indonesia.
Adapun 12 kategori penghargaan dalam Lazada Annual Seller Awards tahun ini termasuk Seller of the Year Award yang terbagi ke dalam kategori Elektronik, Fesyen, FMCG, dan General Merchandise.
Selain itu, Lazada juga memberikan penghargaan LazMall of the Year Award, Local Brand Hero Award, Green Hero Award, Rising Star Award, Golden Service Award, Jewel in The Crown Award, Legend Sellers of 2022, serta Lazada University: Best Student Award.
Pemenang Legend Sellers of 2022, Violetta Affandi, pemilik toko VONA merasa bangga atas penghargaan yang diterimanya. “VONA sudah bergabung di Lazada sejak 2013 jadi bisa dibilang kami tumbuh seiring bersama Lazada dan selalu mengalami peningkatan penjualan berkat berbagai fitur dan program dari Lazada yang rutin kami ikuti.”
“Kami bahkan berkesempatan bergabung dengan LazMall, membuktikan bagaimana yang awalnya usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lokal pun memiliki potensi besar untuk berkembang di eCommerce selama mau belajar dan beradaptasi dengan perkembangan tren,” kata Violetta.
Sementara itu, peraih Green Hero Award, Yulius Halim, Direktur Flexzone mengatakan bahwa para penjual online selalu dapat berkontribusi dalam menjaga lingkungan. Salah satu contohnya adalah dengan menggunakan kemasan produk yang ramah lingkungan.
“Kami menggunakan kemasan produk ramah lingkungan dengan menggunakan biodegradable plastic yang mudah terurai pada bagian dalam kemasan. Sementara untuk bagian luarnya, kami menggunakan kotak karton box hasil daur ulang,” kata Yulius.
Komitmen Lazada bantu bisnis lokal tumbuh
Sejak kehadirannya di Indonesia 10 tahun yang lalu, Lazada senantiasa berkomitmen menawarkan berbagai layanan, fitur dan program, baik untuk pelanggan maupun penjual yang ada di ekosistem Lazada, agar mereka bisa terlibat dan mendapatkan manfaat dari ekonomi digital.
Khusus untuk penjual, setelah bergabung dengan Lazada, mereka bisa mendapatkan pendampingan dan pelatihan intensif yang bisa mendukung pertumbuhan bisnisnya.
Lazada University menawarkan berbagai program pelatihan dengan ribuan topik untuk penjual di Lazada, sementara komunitas penjual, Lazada Club, menjadi wadah saling berbagi pengetahuan dan pengalaman untuk sesama penjual di Lazada.
Jumlah anggota komunitas Lazada Club di seluruh Indonesia juga terus bertumbuh, dengan total jumlah anggota meningkat hampir 100 persen selama tahun 2021. Lazada Club kini sudah tersedia di 32 kota di Indonesia dan akan terus bertambah dalam waktu dekat.
Lazada juga memiliki portal khusus penjual, Seller Center, yang menawarkan berbagai fitur berjualan untuk membantu penjual dalam mengelola toko online-nya. Di dalamnya portal, terdapat fitur Bisnis Analisis yang bisa memberikan analisis mendalam atas setiap produk yang dijual di toko penjual, sehingga penjual bisa menentukan strategi yang spesifik atas masing-masing produk.
Dari sisi logistik, Lazada juga menawarkan layanan Fulfillment by Lazada (FBL) melalui unit bisnis logistiknya, Lazada Logistics, yang membantu kelancaran pemenuhan pesanan pelanggan bagi merek dan penjual di Indonesia, mulai dari penyimpanan, pengepakan, hingga pengiriman barang kepada pelanggan.
Penulis | : | Dayu Akbar |
Editor | : | Dayu Akbar |
KOMENTAR