Dalam upayanya untuk meningkatkan pelayanan terhadap nasabah dan mendukung kemajuan ekonomi digital, Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bali mengadopsi platform cloud dari Nutanix.
Indonesia diprediksi akan menjadi kekuatan ekonomi digital terbesar di Asia dengan para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai ujung tombaknya.
Selain itu, UMKM juga terhitung memiliki peran yang sangat penting dalam mendorong pemulihan ekonomi Indonesia pasca pandemi mengingat UMKM mencakup 99 persen dari total bisnis yang ada di Indonesia dan berkontribusi lebih dari 60 persen terhadap PDB nasional.
Untuk mendukung roadmap nasional menuju peningkatan daya saing Indonesia, Bank BPD Bali mengumumkan rencana strategis untuk memperkuat ekosistem ekonomi digital dan meningkatkan akses digital dan partisipasi bagi market UMKM di Bali yang sedang bertumbuh, dalam rangka mendukung pemulihan pariwisata dan ekonomi.
Butuh TI yang Gesit
Teknologi informasi (TI) telah menjadi andalan Bank BPD Bali dalam mendukung pelayanan ke lebih dari 70 persen nasabah UMKM di Bali dan Nusa Tenggara Barat. Namun, bank perlu memastikan dapat menangani berbagai disrupsi yang sedang membentuk industri layanan keuangan, termasuk pelayanan digital yang baru, perubahan regulasi, dan peningkatan permintaan nasabah.
Meningkatkan waktu penyediaan bisnis ke pasar merupakan hal yang sangat penting di sektor finansial yang semakin kompetitif, mengingat sektor ini juga perlu mengurangi risiko operasional dan meningkatkan higienitas keamanan seiring upaya untuk terus memiliki skalabilitas dan bertransformasi.
Pada saat bersamaan, bank juga harus beradaptasi dengan tren baru di industri perbankan, seperti layanan digital, peraturan pemerintah, dan peningkatan permintaan dari nasabah. Menurut Bank BPD Bali, tantangannya terletak pada pemeliharaan infrastruktur lama yang membutuhkan waktu dan perhatian yang intens. Bank BPD Bali membutuhkan TI yang gesit yang dapat diberdayakan untuk memenuhi tuntutan para stakeholder dengan segera.
Capai Uptime 99 Persen
Untuk mencapai hal tersebut, Bank BPD Bali memanfaatkan Nutanix Cloud Platform sebagai platform pilihan untuk modernisasi data center dan menyimpan aplikasi bisnis yang sangat penting. Memanfaatkan Nutanix, Bank BPD Bali mengatakan mampu mempercepat transformasi digital dan memodernisasi proses bisnis, yang pada akhirnya memperkuat ketahanan bisnis dan efisiensi operasionalnya.
“Pendekatan digitalisasi bersama Nutanix adalah salah satu aspek terpenting dari bisnis kami, terutama saat kami bermaksud untuk meningkatkan pertumbuhan dan mendukung pengembangan ekosistem ekonomi digital di Bali,” kata Ida Bagus Gede Setia Yasa, S.Kom., M.M., Direktur Operasional Bank BPD Bali.
Ida Bagus Gede Setia Yasa menjelaskan, dengan Nutanix, Bank BPD Bali berhasil mencapai KPI, yaitu 99,9 persen uptime. “Suatu pencapaian yang sangat penting bagi kami untuk dapat memberikan layanan berkualitas, sebagaimana yang diketahui oleh para nasabah dan yang membuat mereka percaya kepada kami. Pada saat yang sama, efisiensi TI kami juga meningkat sebesar 70 persen, memungkinkan kami untuk fokus pada inovasi strategis guna mendukung kebutuhan nasabah yang terus berkembang, terutama di sektor UMKM,” imbuhnya.
Mengimplementasikan solusi Nutanix ini bersama Multipolar Technology, ada beberapa manfaat yang dinikmati Bank BPD Bali. Selain dapat mengintegrasikan sistemnya dengan mudah, Bank BPD Bali juga mencatat adanya peningkatan kinerja database.
Manfaat lain yang diraih adalah kemampuan mematuhi berbagai regulasi pemerintah, memberikan layanan dan support yang tanpa kendala, dan meraih kepercayaan nasabah. Selain peningkatan pada service uptime, Bank BPD Bali juga dapat mengurangi footprint pada data center dan mencapai penghematan biaya operasional pada energi dan pendinginan secara signifikan.
“Untuk memenuhi permintaan pada sektor yang berubah dengan cepat, bank perlu menyesuaikan strategi bisnis mereka dengan ekspektasi nasabah dan tren baru di dunia digital. Kami bangga menjadi bagian dari akselerasi transformasi digital Bank BPD Bali. Untuk membangun masa depan yang lebih kuat, Multipolar Technology akan terus memposisikan Bank BPD Bali sebagai mitra terpercaya untuk menciptakan value jangka panjang dan berkelanjutan. Bersama Nutanix, kami siap dalam memberikan nilai tambah dalam layanan kami, serta mendukung pertumbuhan dan inovasi Bank BPD Bali,” kata Herryyanto, Direktur Account Management FSI & Commercial, Multipolar Technology.
“Lanskap layanan keuangan sedang mengalami perubahan besar. Untuk dapat berkembang dalam lingkungan keuangan yang baru, perbankan harus mempertajam daya saing mereka dan memanfaatkan peluang baru, serta siap menjawab kebutuhan nasabah yang muncul dan terus berkembang. Data center modern dan hybrid multicloud akan memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung hal ini dan memberikan agility dan ketahanan bisnis yang dibutuhkan oleh bank untuk beradaptasi, berkembang, dan berinovasi dengan cepat guna mendorong nilai baru bagi para stakeholder mereka,” kata Fetra Syahbana, Country Manager Indonesia Nutanix.
Penulis | : | Liana Threestayanti |
Editor | : | Liana Threestayanti |
KOMENTAR