Meluncurkan platform social markeplace berbasis kuliner, perusahaan teknologi terbaru asal Indonesia, Tokobay, menawarkan solusi yang meringankan pelanggan makanan pesan antar dan UMKM di bidang kuliner.
Tokobay dihadirkan untuk mendukung pertumbuhan rekanan dan merchant makanan dan minuman. CEO Tokobay, Fenny Herianto menceritakan peluncuran ini berawal dari sebuah keresahan terhadap harga menu restoran di layanan jasa pesan antar makanan yang berbeda sekitar 20%-30% dari harga aslinya.
“Perbedaan dari harga sebenarnya ini, tentu sempat membuat kita semua berpikir dua kali untuk memesan makanan di layanan tersebut,” ujar Fenny.
Selanjutnya Fenny menjelaskan bahwa di platform Tokobay, para merchant reguler dapat memasarkan produknya secara gratis. Sementara itu, pebisnis kuliner yang menjadi merchant official di Tokobay akan dikenakan biaya administrasi sebesar 2%. Biaya administrasi ini diklaim Tokobay jauh lebih rendah dibandingkan platform sejenisnya.
“Dari sisi penjual sendiri kenaikan harga ini dilakukan sebagai antisipasi terhadap tingginya biaya jasa layanan platform pesan antar, sebagai imbal dari kemudahan layanan yang mereka dapatkan. Kehadiran Tokobay diharapkan dapat memberikan ruang bagi para pelaku usaha terutama yang baru memulai bisnis dari nol. Tidak hanya sekedar menjalankan bisnis, namun juga mengembangkan bisnis mereka dan tentunya tumbuh sukses bersama Tokobay,” jelas Fenny.
Selain biaya admin yang lebih murah, penawaran lain dari Tokobay adalah bantuan mempromosikan merchant melalui kampanye di media sosial, publikasi di blog Tokobay, dan video merchant.
Dalam keterangan persnya, Tokobay menyebutkan sudah ada ratusan merchant yang terdaftar di Tokobay, termasuk Acaraki, Ayam Geprek Goldchick, Bistogram, Foodpedia, dan Sop Ikan Batam. Selain itu, Tokobay juga menawarakan 3 pilihan jasa kurir yang akan mendukung pengalaman berbelanja di Tokobay bagi para pelanggan.
Di antara berbagai fitur yang akan membantu pelanggan memilih makanan dan mercahnt dalam mengembangkan produknya, ada fitur ulasan yang memungkinkan para pelanggan membantu para merchant menjaga dan meningkatkan kualitas dari makanan.
Aplikasi Tokobay sudah tersedia di Google Play Store dan Apple App Store dan pelayanan Tokobay sendiri saat ini sudah menjangkau seluruh area Jabodetabek dengan rencana ekspansi ke area lain dalam waktu dekat.
Fenny mengatakan, Tokobay bukan hanya memberikan wadah, tetapi juga kemudahan bagi para pelaku usaha untuk memperoleh keuntungan dari bisnisnya.
“Kami berharap dengan kehadiran kami dapat secara aktif membantu perkembangan merchant di era ekonomi digital seperti saat ini. Tentunya termasuk mereka yang berasal dari kalangan UMKM untuk dapat mengembangkan bisnisnya. Selain itu, kami juga berharap kehadiran Tokobay bisa membantu para pelanggan mendapatkan harga yang sama seperti di restoran dari rumah masing-masing,” tutup Fenny.
Penulis | : | Liana Threestayanti |
Editor | : | Liana Threestayanti |
KOMENTAR