Festival belanja menjadi salah satu strategi pemasaran yang rutin dijalankan eCommerce dengan tujuan meningkatkan penjualan produk. Tentunya berbagai promo dan penawaran menarik disiapkan oleh eCommerce untuk memanjakan para konsumen. Para penjual juga selalu menantikan pelaksanaan festival belanja di eCommerce, termasuk festival belanja tanggal kembar karena terbukti menjadi peluang bagi penjual untuk meningkatkan penjualan.
Festival belanja 7.7 menjadi festival belanja terdekat di eCommerce seperti Lazada Indonesia (Lazada). Para penjual di Lazada telah diberikan pembekalan agar bisa memanfaatkan momentum festival belanja 7.7 untuk meraup cuan.
“Jelang festival belanja, penjual biasanya memang melakukan persiapan yang lebih ekstra, termasuk dari sisi penyediaan stok produk dan jumlah karyawan, untuk mengantisipasi banjirnya pesanan. Meski demikian, sebenarnya persiapan penjual untuk menghadapi setiap festival belanja menjadi persiapan jangka panjang dan selalu ada yang bisa menjadi pembelajaran untuk keberhasilan festival belanja berikutnya,” tutur Haikal Bekti Anggoro, SVP - Seller Operations, Lazada Indonesia.
Nah, bagi Anda yang punya toko online di eCommerce, khususnya di Lazada, yuk kita simak tips dari Haikal untuk persiapan toko agar bisa cuan saat festival belanja nanti!
Tampilkan produk Anda secara menarik
Kiat paling dasar adalah pastikan produk Anda nampak menonjol dengan menampilkan produk secara jelas dan rinci, baik dalam bentuk foto maupun deskripsi produk. Gunakan latar foto yang tidak terlalu ramai dan jarak foto yang tidak terlalu jauh agar detail foto terlihat jelas. Usahakan mengambil foto dari beragam sudut pengambilan gambar, dan juga foto ketika produk tersebut dipergunakan oleh orang. Pastikan deskripsi dan foto produk tidak hanya tampak menarik, namun juga bisa ‘menceritakan’ fungsi, keunggulan, serta kualitas produk.
Bangun value untuk produk dan toko Anda, dan jadikan sebagai daya jual
Konsumen sering kali memilih produk berdasarkan harga produk. Oleh sebab itu, penting untuk membangun value dari produk yang Anda jual agar Anda bisa "bercerita" bahwa harga yang tertera memberikan banyak value bagi pembeli. Perwujudan dari value bisa berbentuk gambar produk yang lebih serius, deskripsi produk yang “bercerita” dan menjelaskan beragam fungsi dari produk. Tak hanya itu, Anda juga harus memberikan layanan optimal seperti menjawab chat dengan cepat maupun jaminan pengembalian yang mudah. Hal ini dilakukan agar pelanggan tidak sekadar menilai dari adu harga saja.
Pahami algoritma eCommerce tempat Anda berjualan untuk mendorong trafik ke toko
Saat ini eCommerce menggunakan algoritma dan personalisasi untuk menyesuaikan antara produk dengan pencarian calon pembeli. Untuk mendorong trafik ke toko, pastikan judul produk mewakili produk dengan baik dan mengandung kata kunci (keywords) yang sering dipakai calon pembeli saat mencari produk terkait. Lengkapi juga detail produk termasuk warna, ukuran, bahan, dan lainnya. Pastikan juga produk Anda terdaftar di kategori produk yang benar. Tentunya penjelasan produk pada kolom deskripsi juga harus rinci untuk mendorong terjadinya pembelian saat calon pembeli sudah masuk ke halaman produk toko Anda.
Manfaatkan media sosial untuk menarik trafik ke toko Anda
Biasanya sebuah toko atau brand juga memiliki akun media sosial untuk mempromosikan produk dengan basis follower yang sudah terbentuk. Memanfaatkan media sosial toko atau brand Anda, atau bahkan media sosial pribadi Anda, bisa menjadi salah menarik pengunjung ke toko Anda. Sampaikan berbagai promo yang ditawarkan di toko melalui akun media sosial dan jangan lupa sertakan tautan untuk memudahkan pengikut untuk dapat mengakses toko dan produk. Cobalah untuk mengarahkan transaksi langsung dari platform eCommerce supaya terdapat catatan penjualannya di toko eCommerce Anda.
KOMENTAR