Tokopedia memiliki sebuah layanan gudang pintar bernama ‘Dilayani Tokopedia’, yang memungkinkan penjual di platform tersebut menitipkan produk di gudang pintar Tokopedia di wilayah dengan permintaan tinggi.
Layanan yang menerapkan teknologi geo-tagging ini bertujuan agar penjual tidak perlu pindah ke kota besar untuk menjangkau pasar dan pembeli bisa mendapatkan produk dari penjual tersebut dengan lebih cepat dan efisien.
Salah satu penjual di Tokopedia yang telah menggunakan layanan ini adalah Lumosh Fine Ceramics.
UMKM asal Surabaya tersebut memanfaatkan gudang pintar Dilayani Tokopedia yang berada di Jakarta.
Lumosh Fine Ceramic sendiri merupakan UMKM yang berdiri pada 2016 yang di mana fokusnya memproduksi berbagai jenis keramik buatan tangan seperti cangkir, piring dan lain-lain.
Raymond Tjiadi selaku Co-Founder Lumosh Fine Ceramics mengungkapkan, “Industri keramik memiliki potensi yang masih sangat besar. Untuk memaksimalkan potensi tersebut, Lumosh Fine Ceramics memberdayakan ratusan pekerja, termasuk perajin keramik lokal, yang sebagian besar berasal dari Probolinggo.”
“Latar belakang ratusan pekerja yang kini ada di Lumosh Fine Ceramics sangat variatif, bahkan ada yang tadinya buruh pabrik dengan minim pengalaman di bidang keramik. Sebagian besar perajin adalah perempuan,” jelas Raymond.
Selain dengan berkolaborasi, Raymond dan tim juga memanfaatkan Tokopedia sebagai upaya untuk mendorong geliat industri keramik lokal.
“Berkat Tokopedia, Lumosh Fine Ceramics mengalami kenaikan omzet hampir 2 kali lipat, terutama selama pandemi dibandingkan dengan sebelum pandemi,” kata Raymond.
Kehadiran Dilayani Tokopedia juga membantu Lumosh Fine Ceramics menjangkau lebih banyak pembeli, termasuk dari wilayah Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, hingga Sulawesi Selatan.
Diakui Raymond, salah satu tantangan yang dihadapi ia dan tim adalah mengedukasi para konsumen bahwa produk Lumosh Fine Ceramics tidak sama satu dengan yang lainnya.
Mengingat proses pembuatan keramik dilakukan secara manual menggunakan cetakan, artinya setiap produk Lumosh Fine Ceramics adalah karya unik.
“Kami menyadari inovasi produk sangat diperlukan untuk menghadapi tantangan tersebut, alhasil Lumosh Fine Ceramics kini menjadi salah satu inisiator produk keramik yang menggabungkan antara produk keramik dan kayu. Penggabungan desain produk keramik dan kayu tersebut menjadi ciri khas dan keunikan desain produk dari Lumosh. Selain itu, kami juga menawarkan produk custom-made yang bisa dipersonalisasi sesuai dengan preferensi pembeli,” papar Raymond.
Di sisi lain, layanan gudang pintar Dilayani Tokopedia diklaim terus mengalami peningkatan jumlah transaksi dan jual penjual yang menggunakan layanan ini.
“Sepanjang kuartal III 2022, ada peningkatan jumlah transaksi melalui Dilayani Tokopedia sebesar lebih dari 2 kali lipat dan kenaikan jumlah penjual yang memanfaatkan Dilayani Tokopedia lebih dari 2,5 kali lipat,” tutur External Communications Senior Lead Tokopedia, Rizky Juanita Azuz.
Baca Juga: Tips Fesyen Stylish di Musim Hujan ala Tokopedia dan Leona Agustine
Penulis | : | Rafki Fachrizal |
Editor | : | Rafki Fachrizal |
KOMENTAR