Studi terbaru Zebra Technologies Corporation (Zebra) mengungkapkan minat konsumen terhadap layanan mandiri.
Studi berjudul 15th Annual Global Shopper Study ini berdasarkan survei yang dilakukan antara bulan Juni dan Juli 2022. Survei ini mengumpulkan masukan dari lebih dari 4.000 pembuat keputusan di industri retail, staf toko, dan konsumen di seluruh dunia, termasuk responden Asia Pasifik dari Australia, China, India, Jepang, dan Selandia Baru.
Berdasarkan survei tersebut, hampir 75% konsumen di dunia dan 68% di Asia Pasifik mengatakan bahwa inflasi membuat mereka harus menunda pembelian, tapi mereka masih kembali ke toko.
Layanan Mandiri Lebih Disukai
Sebanyak 76% konsumen di dunia dan 68% di Asia Pasifik ingin masuk dan keluar toko secepat mungkin. Mereka juga ingin mewujudkan hal itu karena semakin suka dengan teknologi layanan mandiri.
Secara global, interaksi konsumen dalam berbagai solusi layanan mandiri terus meningkatkan. Hampir setengah dari konsumen menyebutkan bahwa mereka sudah pernah menggunakan layanan self-checkout, dan hampir empat dari 10 sudah menggunakan metode pembayaran nontunai.
Tren yang sama terjadi di Asia Pasifik. Sebanyak 47% konsumen telah memanfaatkan layanan self-checkout. Sementara 46% yang disurvei memilih untuk menggunakan metode pembayaran nontunai.
Sebanyak 43% konsumen di dunia (50% di Asia Pasifik) yang disurvei mengatakan, mereka lebih memilih membayar dengan perangkat seluler atau smartphone. Lebih dari setengah (50% di dunia, 48% di Asia Pasifik) lebih memilih layanan self-checkout.
Yang menarik, persentase konsumen yang lebih memilih di kasir yang dilayani staf toko menurun (55% di dunia, 51% di Asia Pasifik).
Layanan Kasir Berkurang
Menurut survei Zebra, mayoritas pengusaha retail yakin layanan kasir menjadi semakin kurang dibutuhkan dengan adanya teknologi otomatisasi.
Di seluruh dunia, hampir setengah dari pengusaha retail sedang menyiapkan toko mereka, dengan mengubah area kasir tradisional menjadi area check-out dengan layanan mandiri dan nirsentuh.
Penulis | : | Liana Threestayanti |
Editor | : | Liana Threestayanti |
KOMENTAR