Survei Kaspersky terbaru yang mengeksplorasi penggunaan perangkat rumah pintar dan sikap terhadap keamanannya mengungkapkan bahwa lebih dari separuh konsumen (56%) yang memiliki peralatan ini merasa bertanggung jawab atas keamanan sibernya.
Milenial berusia 25-34 tahun paling peduli dengan perlindungan perangkat pintar di rumah mereka, dengan 54 persen mengamankan perangkat yang mereka miliki.
Industri rumah pintar global menyoroti pertumbuhan konsumen yang cepat, membangun ekspektasi dengan analis pasar, dengan beberapa segmen seperti sistem keamanan pintar dan kunci pintar diperkirakan masing-masing akan meningkat lebih dari dua kali lipat menjadi $106,3 miliar dan $13,1 miliar pada tahun 2030.
Laporan Kaspersky ini mengungkap bagaimana peningkatan penggunaan perangkat pintar memengaruhi sikap pengguna terhadap masalah keamanan dan perlindungan. Rasa tanggung jawab atas perlindungan perangkat pintar di rumah bisa dijelaskan dengan rasa takut akan peretasan.
Survei menunjukkan proporsi pengguna yang khawatir jaringan rumah mereka diretas, dan router Wi-Fi atau sistem kamera yang terhubung ke internet yang digunakan untuk memata-matai mereka adalah 56 persen.
Kekhawatiran terbesar muncul tentang keamanan sistem pemantauan rumah, kamera yang terhubung ke internet, serta pintu dan kunci pintar, dengan sekitar sepertiga pengguna mengaku sangat peduli dengan keamanan dan perlindungan mereka.
Dengan demikian, 32 persen pengguna sistem pemantauan/keamanan mengaku “sangat peduli” dengan keamanan dan perlindungan perangkat mereka. Tambahan 53 persen mengaku "prihatin" atau "agak khawatir".
Daftar perangkat yang mengkhawatirkan termasuk kamera yang terhubung ke internet untuk memantau bayi dan hewan peliharaan serta pintu dan kunci pintar, dengan 31 persen dan 30 persen mengatakan keamanan adalah "isu yang sangat memprihatinkan" menurut pendapat mereka.
Data berikutnya mengenai perangkat yang paling sedikit mengkhawatirkan bagi pengguna adalah perangkat pembersih pintar seperti penyedot debu yang terhubung ke internet, dengan 35 persen mengatakan keamanannya tidak menjadi perhatian mereka sama sekali. Hal yang sama berlaku untuk sistem kontrol iklim (32%) dan pencahayaan cerdas (smart lighting) (34%).
Marina Titova (VP Consumer Product Marketing di Kaspersky) mengatakan
Seiring meningkatnya tingkat adopsi perangkat pintar, kami melihat pengguna lebih memperhatikan keamanan dan mencoba memastikan pengalaman terbaik saat membangun hubungan jangka panjang dengan gadget mereka. Sepertinya kebiasaan digital yang baik lebih melekat pada generasi milenial, yang merupakan pertanda positif bagi keamanan siber.
"Ini juga menunjukkan bahwa di masa depan, kita mungkin melihat produsen perangkat IoT dan penyedia layanan internet mendukung ekosistem bisnisnya dengan lebih memperhatikan keamanan siber, serta kemungkinan mengintegrasikan fitur keamanan siber ke penawaran mereka, untuk memenuhi harapan konsumen dan memberikan tingkat perlindungan yang diinginkan," ujarnya.
Agar semua perangkat pintar tetap aman dan terlindungi, pakar Kaspersky menyusun kiat-kiat berikut:
Kaspersky menunjuk Arlington Research untuk melakukan riset online kuantitatif dengan 21.645 pemilik perangkat rumah pintar di 21 negara, dari AS, Inggris, Jerman, Italia, Spanyol, China, Meksiko, Brasil, Chili, Rusia, Turki, Prancis, Belanda, Portugal, India , Indonesia, Filipina, Peru, Afrika Selatan, UEA, dan Arab Saudi.
Penulis | : | Adam Rizal |
Editor | : | Adam Rizal |
KOMENTAR