Allo Bank telah menggandeng Tencent Cloud untuk meningkatkan layanan perbankan digitalnya di tanah air.
Dengan memadukan pemahaman atas pasar lokal dan pengalaman selama bertahun-tahun, Tencent Cloud menawarkan solusi digital yang secara khusus dapat memenuhi berbagai kebutuhan Allo Bank.
Untuk mewujudkan misi Allo Bank dalam melayani masyarakat dengan akses layanan perbankan yang terbatas di Indonesia, termasuk kaum muda yang melek teknologi, Tencent Cloud telah membantu mengembangkan aplikasi Allo.
Layanan tersebut termasuk TDSQL, sebuah sistem manajemen basis data yang andal dan dapat ditingkatkan dengan sumber daya komputasi dan penyimpanan bagi bank untuk mengelola data dalam jumlah besar secara efisien dan efektif.
Algoritme penjadwalan thread pool yang teroptimalkan dari TDSQL, membuat sistem mampu memberikan performa yang lebih baik untuk beban kerja yang berat, di mana sangat krusial bagi Allo Bank yang menangani volume transaksi yang tinggi setiap harinya.
Selain itu, tingkat ketersediaan dan keandalan data TDSQL yang mencapai 99,99% dan 99,99999%, dapat memastikan bahwa data Allo Bank selalu tersedia dan aman.
Sementara kompatibilitas TDSQL dengan protokol MySQL, membuat Allo Bank dapat melakukan integrasi dengan sistem dan aplikasi yang telah ada.
Kemampuan TDSQL untuk melakukan skalasi secara horizontal, membuat perusahaan seperti Allo Bank dapat berkembang tanpa mengkhawatirkan waktu jeda.
Dengan sumber daya komputasi dan penyimpanan dari TDSQL, Allo Bank kini dapat memproses hingga 100.000 transaksi harian, memenuhi kebutuhan finansial harian masyarakat Indonesia.
Memanfaatkan kemampuan cloud publik seperti cloud hosting dan CDN, TDSQL juga dapat membantu Allo Bank mengurangi biaya distribusi unduhan aplikasi, UAT & Dev Environment, serta memperkuat sistem aplikasi dan solusi keamanan yang dapat mendeteksi risiko pada aplikasi bank.
Indra Utoyo, President Director and CEO, Allo Bank, mengatakan, "Berkat kolaborasi yang penting dengan Tencent Cloud, Allo Bank telah mendapatkan dukungan besar dalam mencapai tujuannya untuk mengelola data dalam jumlah yang sangat besar, menangani transaksi berfrekuensi tinggi, memastikan keamanan online, dan mengelola risiko - dengan tujuan untuk menyediakan layanan revolusioner bagi semua pengguna perbankan digital di Indonesia.”
“Kami melihat masa depan yang lebih baik lagi bersama Tencent Cloud, seiring dengan rencana kami untuk memanfaatkan lebih banyak lagi teknologi mereka yang berkualitas tinggi dan sangat andal," sambungnya.
Keandalan teknologi Tencent Cloud memungkinkan Allo Bank untuk meningkatkan operasinya dengan lancar dan efisien, berkontribusi secara signifikan terhadap pertumbuhan bisnis yang eksplosif dan mengakuisisi enam juta pengguna sejak diluncurkan.
Hasilnya, Allo Bank mampu menjadi aplikasi perbankan dengan layanan digital yang paling banyak diunduh di Indonesia.
Jimmy Chen, Vice President of Tencent Cloud International and Managing Director of South East Asia, mengatakan, " Dengan memanfaatkan pengalaman dan keahlian global kami selama bertahun-tahun, Tencent Cloud yakin dapat memberikan solusi dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan Allo Bank. Kami menantikan lebih banyak kolaborasi di masa depan, termasuk kemitraan untuk solusi dan layanan tambahan seperti e-KYC."
Sejak tahun 2021, Tencent Cloud telah membangun dua Internet Data Center (IDC) di Indonesia, sebagai wujud komitmennya untuk memenuhi segala kebutuhan bisnis yang terus berkembang di Indonesia.
Baca Juga: Tencent Cloud Duduki Peringkat 1 Penyedia Jasa Cloud di Pasar Layanan Media
Baca Juga: Indra Utoyo, Menjadikan Integrasi Ekosistem Sebagai Kekuatan
Penulis | : | Rafki Fachrizal |
Editor | : | Rafki Fachrizal |
KOMENTAR