Di era digital yang terus berkembang, tools (alat-alat) kolaborasi dan pengelolaan data menjadi sangat penting dalam mendukung produktivitas individu maupun tim di perusahaan/organisasi.
Salah satu alat produktivitas yang banyak digunakan orang-orang saat ini adalah Google Sheets.
Ini adalah aplikasi spreadsheet berbasis web yang disediakan oleh Google, dan telah menjadi salah satu solusi populer untuk mengelola data, menghitung angka, serta berkolaborasi secara efisien.
Google Sheets memiliki berbagai fitur yang dapat membantu menyelesaikan tugas pendataan maupun perhitungan dengan lebih efisien dan mudah.
Namun ternyata, ada beberapa fitur lain di Google Sheets yang bisa membuat Anda bekerja lebih produktif. Berikut ini beberapa fiturnya.
1. Mengubah warna tab
Anda mungkin suka menandakan poin penting di sebuah dokumen atau folder dengan tanda warna yang berbeda. Teknik ini juga dikenal dengan color coding.
Ketika mendapati banyak Tab, Anda juga bisa menandakan Tab penting dengan warna tertentu untuk menandakan Tab mana yang selaras, atau mana Tab penting yang perlu dilihat.
Caranya, kita bisa klik downward arrow pada Tab yang diinginkan kemudian pilih change color dan pilih warna yang diinginkan.
2. Membuka banyak link secara bersamaan
Mungkin kita sering memasukkan banyak hyperlinks yang merujuk ke berbagai dokumen atau materi penting di dalam Google Sheets.
Sekarang, Anda bisa membuka hyperlinks tersebut secara bersamaan tanpa harus mengklik link satu per satu.
Caranya, kita bisa memilih range hyperlink yang ingin dibuka, kemudian klik kanan dan pilih open links.
3. Membagikan link yang dipersonalisasi
Ingin mengirimkan sebuah email yang merujuk pada bagian spesifik yang ada dalam Google Sheets?
Jangan buang-buang waktu untuk menjelaskan nomor baris dan kolom dan membuat orang lain harus mencari sendiri letak baris dan kolom yang dimaksud.
Agar lebih mudah dan cepat, Anda bisa mengirimkan custom link.
Caranya, highlights bagian yang dalam sheets yang dituju, kemudian klik kanan dan pilih view more row actions lalu pilih get link to this range.
4. Melihat timeline
Melihat timeline pengerjaan sebuah proyek atau aktivitas bisa lebih mudah dengan Timeline view.
Pertama kita bisa membuat tabel yang menunjukkan nama aktivitas dan keterangan awal dan akhir proyek dengan jelas.
Kemudian, highlight bagian yang diinginkan untuk muncul di timeline, lalu klik kanan dan pilih Timeline. Tampilan Google Sheets akan otomatis berubah menjadi Timeline view.
Baca Juga: Browser Microsoft Bing AI Bakal Meluncur Google Chrome dan Safari
Penulis | : | Rafki Fachrizal |
Editor | : | Rafki Fachrizal |
KOMENTAR