International Business Machines Corp (IBM) akan berhenti merekrut karyawan baru, mengingat 7.800 pekerjaan dapat digantikan oleh artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan (AI) dalam beberapa tahun ke depan.
CEO IBM, Arvind Krishna mengatakan IBM akan melakukan langkah strategis dalam merekrut karyawannya karena ada 30 persen dari peran yang tidak berhubungan dengan pelanggan dapat digantikan oleh AI dan otomatisasi dalam lima tahun.
"Perekrutan pegawai back-office seperti SDM akan dihentikan atau diperlambat," kata Krishna.
Kemajuan teknologi AI memungkinkan mesin memproses dan menganalisis data dengan kecepatan dan akurasi yang lebih tinggi dari manusia.
Dalam beberapa kasus, AI dapat menggantikan pekerjaan manusia yang memerlukan tugas-tugas rutin atau berulang secara efisien dan lebih cepat daripada manusia.
Selain itu, penggunaan AI juga dapat mengurangi biaya operasional perusahaan, karena perangkat lunak dan mesin cenderung lebih murah dalam jangka panjang daripada gaji dan tunjangan yang harus dibayarkan kepada karyawan manusia.
Meskipun AI dapat menggantikan beberapa pekerjaan manusia, teknologi ini tidak sepenuhnya menggantikan kemampuan manusia yang lebih kompleks, seperti kreativitas, penalaran abstrak, dan keterampilan interpersonal.
International Business Machines (IBM) akan menggunakan chip AI (Augmented Intelligence) buatannya sendiri untuk mengurangi biaya pengoperasian sistem penyimpanan cloud. General Manager IBM Semiconductors Mukesh Khare mengatakan IBM sedang mempertimbangkan menggunakan chip Artificial Intelligence Unit yang nantinya akan masuk ke dalam layanan cloud watsonx terbaru.
"Salah satu tantangan IBM mengembangkan AI adalah biayanya yang mahal. Penggunaan chip produksi sendiri dapat menurunkan biaya layanan cloud dan sangat menghemat energi," katanya seperti dikutip Reuters.
IBM mengembangkan sebuah sistem AI
Watsonx yang akan menjadi sebuah tempat kerja tunggal untuk membangun dan menyempurnakan pelajaran, sehingga ke depannya AI ini dapat menyaingi ChatGPT
IBM berharap watsonx dapat bermanfaat untuk perkembangan generatif AI yang dapat menunjang aktivitas dalam hal penulisan teks seperti layaknya manusia.
Sebelumnya, IBM telah mengembangkan sebuah Kecerdasan Buatan yang dinamakan Watson, namun sistem tersebut gagal untuk mendapatkan tempat di masyarakat.
Chip AI buatan IBM akan dikerjakan pada Oktober mendatang, namun mereka tidak mengungkapkan pabrik pembuatan chip tersebut. Diketahui, chip yang akan digunakan untuk pembuatan AI watsonx ternyata diproduksi oleh Samsung Electronic. Hal tersebut diungkapkan oleh Khare, karena IBM telah menjalin kerja sama dengan perusahaan elektronik asal Korea Selatan tersebut.
Harus Bertanggung Jawab
Kinerja organisasi dapat di akselerasi dengan mentransformasi tindakan yang bertanggung jawab melalui teknologi. Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) adalah bagian dari cara para pemimpin bisnis untuk meningkatkan penggunaan alat bantu yang diharapkan dapat memberikan dampak yang signifikan bagi organisasi.
Menurut studi AI yang dilakukan oleh Kearney (perusahaan konsultan) - EDBI (perusahaan investasi yang berbasis di Singapura), Indonesia, seperti halnya negara tetangga di ASEAN lainnya, masih berada di tahap awal untuk adopsi AI. Meskipun kehadirannya masih baru berkembang, berdasarkan analisis Kearney, AI diperkirakan akan memberikan peningkatan sebesar 12% pada PDB Indonesia di tahun 2030.
Berlawanan dengan keuntungan yang telah diprediksi, muncul pula berita yang beredar tentang AI yang tidak adil, tidak dapat dijelaskan, dan/atau bias. Salah satu kasus penyalahgunaan AI yang terjadi di Indonesia adalah ketika terjadi kesalahan pengenalan wajah pada Abdul Manaf yang dicap sebagai tersangka pemukulan aktivis politik pada demonstrasi 11 April 2022, di mana pada faktanya ia tidak ada di tempat tersebut. Insiden-insiden yang tidak sesuai dengan prinsip-prinsip etika inilah yang menjadi alasan mengapa AI yang bertanggung jawab membutuhkan Tata Kelola AI.
Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) telah meluncurkan Strategi Nasional Kecerdasan Artifisial 2020-2045 yang mencakup peraturan tentang AI, bidang usaha, pertanggungjawaban atas konsekuensi dari tindakan yang tidak disengaja, dan kode etik yang dibuat secara sukarela. Namun, strategi ini belum diturunkan menjadi aturan pelaksana. AI yang digunakan organisasi di Indonesia harus mengikuti regulasi yang ada agar tidak menerima dampak yang buruk.
"Otomatisasi dengan penggunaan AI dalam sebuah organisasi tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Organisasi tentu tidak ingin menanggung konsekuensi buruk dari sebuah model yang menghasilkan hasil analisis yang tidak dapat dijelaskan yang kemudian akan dipertanyakan oleh berbagai pihak dari manajemen, pemangku kepentingan, pemegang saham, atau bahkan para pelanggan." ujar Cin Cin Go, Technology and Country Leader, IBM Indonesia.
Ada tiga alasan utama mengapa AI yang bertanggung jawab perlu dipertimbangakan secara serius oleh organisasi. Pertama, mereka perlu mengelola risiko dan reputasi mereka, tidak ada ruang untuk data atau asumsi yang keliru yang dapat memicu tuntutan hukum dan keraguan dari berbagai pihak. Kedua, AI yang digunakan organisasi harus mematuhi prinsip-prinsip etika agar dapat menghasilkan keputusan yang adil lewat kemampuannya untuk menyesuaikan diri dengan perubahan pola dan profil perilaku. AI yang bertanggung jawab juga harus mampu melindungi organisasi dan menyesuaikan diri dengan peraturan pemerintah agar organisasi tidak mengalami kerugian seperti audit yang mahal, denda, dan pemberitaan yang negatif.
Berkaca dari hal tersebut, IBM melalui Watsonx.ai berperan dalam menyediakan teknologi otomasi yang aman di mana, teknologi ini juga merupakan bagian dari Platform AI dan Data IBM, Watsonx, yang telah diluncurkan dalam konferensi tahunan THINK 2023 pada 10 Mei 2023 di Orlando. Untuk menciptakan model fondasi yang sudah terlatih oleh IBM, perusahaan ini fokus dengan melakukan upaya secraa maksimal dalam mengkurasi segala sesuatu yang masuk ke dalam modelnya dan mengembangkan teknologi AI untuk secara agresif menyaring data dari kebencian dan kata-kata kotor, batasan lisensi, dan prasangka, sehingga ketika data yang bermasalah ditemukan, data tersebut akan dihapus, dilatih kembali, dan diulang.
Selain itu, Watsonx.ai menyediakan serangkaian model fondasi yang ditujukan untuk menyajikan nilai perusahaan. Ada beberapa model fondasi dengan bahasa dan kode beserta ukuran dan arsitektur yang berbeda, di mana setiap model dapat disesuaikan untuk berbagai tugas perusahaan.
IBM Watsonx sendiri memiliki Watsonx.data sebagai bagian utamanya, yang menyediakan studio pengembangan AI terpusat, pengumpulan data, dan perangkat tata kelola.
Watsonx.data memungkinkan pelanggan untuk mengakses data mereka melalui satu titik masuk dan menjalankan berbagai mesin kueri sesuai kebutuhan di seluruh sistem TI. Dengan menerapkan teknologi ini, perusahaan dapat memangkas pengeluaran data warehouse hingga 50% melalui optimalisasi beban kerja. Untuk menyederhanakan pengaturan dan pengalaman pengguna, teknologi ini juga menyediakan tata kelola, otomatisasi, dan interaksi berbasis data dan alat yang sudah ada di organisasi.
Penulis | : | Adam Rizal |
Editor | : | Adam Rizal |
KOMENTAR