Dengan dinamika iklim global dan nasional terkini, prospek pertumbuhan ekonomi Indonesia diproyeksikan secara konsisten berada di 5.2%; sementara inflasi tetap terkendali di 2.8%.
Kontribusi dari ekonomi digital terhadap ekonomi nasional juga menjadi fokus pemerintah sejak 2019, yakni target pertumbuhan yang berkisar antara 3,17% hingga 4,66% dan nilai transaksi e-commerce yang mencapai Rp 600 Triliun pada tahun 2024.
Senada dengan data Statista, optimisme pertumbuhan ekonomi digital juga tercermin pada laporan “e-conomy SEA 2023” yang dirilis oleh Google, Temasek, dan Bain & Company, di mana pada tahun 2025, ekonomi digital Indonesia berpotensi mencapai nilai USD 110 miliar dan sektor e-commerce menjadi faktor pendorong utama.
Dalam mempersiapkan pelaku bisnis di ranah e-commerce pada tahun 2024, SIRCLO mengadakan acara virtual bertajuk "SIRCLO Insights Webinar: Navigating E-Commerce in 2024 Through Consumer and Market Insights" pada Selasa (19/12/2023).
Acara ini turut menghadirkan diskusi panel antara pakar dari industri ritel serta platform data dan statistika ternama, di antaranya Danang Cahyono (Chief Operating Officer, SIRCLO), Yongky Susilo (Board Expert, Himpunan Peritel & Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO)), dan Mohamad Ilhami (Senior Business Development, Statista) untuk memberikan pemaparan mendalam bagi pelaku bisnis kancah multinasional, mulai dari kategori fesyen hingga kesehatan.
“Ajang ini merupakan wujud dari komitmen SIRCLO dalam mendukung potensi pertumbuhan e-commerce di Indonesia, melalui pembagian wawasan tren perilaku konsumen dan strategi yang aplikatif di tengah pasar yang berkembang secara dinamis,” ujar Danang.
Tren Perilaku Konsumen E-commerce
Keseimbangan tingginya optimisme proyeksi pertumbuhan sektor e-commerce juga harus disertai dengan pemahaman tren perilaku belanja dalam ranah e-commerce setahun terakhir.
Menurut data internal SIRCLO, berikut pola dan tren belanja online yang perlu diketahui oleh pelaku usaha:
1. Kategori Kecantikan dan Perawatan Diri Menjadi Primadona di E-commerce
SIRCLO mencatatkan bahwa terdapat tiga kategori produk yang memiliki jumlah order tertinggi dari tahun-ke-tahun (year-on-year), yaitu Kecantikan dan Perawatan Diri, Traveling & Hobi, dan Fesyen.
Ketertarikan konsumen terhadap produk kecantikan dan perawatan diri disinyalir dengan mudahnya akses terhadap produk-produk tersebut serta maraknya beauty influencer yang terus mengedukasi sektor ini di berbagai platform media sosial.
Bahkan, SIRCLO juga mencatatkan kategori produk Kecantikan dan Perawatan Diri secara konsisten menempati posisi tiga teratas di pertumbuhan jumlah order pada platform live commerce sejak awal tahun 2023 dan festival Harbolnas 12.12 berdasarkan data dari tahun-ke-tahun.
Penulis | : | Rafki Fachrizal |
Editor | : | Rafki Fachrizal |
KOMENTAR