Samsung berjanji mengembangkan fitur Bahasa Indonesia dalam Galaxy AI dengan memperhatikan dialek daerah. Meskipun Galaxy AI diluncurkan resmi di Indonesia pada 1 Februari, pada awalnya tidak ada opsi Bahasa Indonesia. Namun, pada Jumat (26/4), Samsung meluncurkan fitur Bahasa Indonesia di sejumlah perangkat terbaru mereka, termasuk Samsung Galaxy S24 Series, Galaxy S23 Series, S23 FE, Z Flip5, Z Fold5, serta seri Tab S9 (5G) dan Tab S9 (Wi-Fi).
Verry Octavianus (MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronic Indonesia) menyatakan pengembangan fitur dialek Bahasa Indonesia akan dilakukan dalam waktu dekat. "Dialek, yang pasti tahun ini. Kita penuhi dulu kosakata yang masih baku, seperti lacur, kita coba masukkan dan terus berkembang. Harusnya dalam tahun ini bisa (dirilis fitur) dialek," katanya.
Untuk mendapatkan fitur Bahasa Indonesia, pengguna perangkat harus mengunduh Language Packs melalui pengaturan Galaxy AI. Setelah berhasil mengunduh, pengguna dapat menggunakan fungsi penerjemah seperti Interpreter, Chat Assist, Transcript Assist, Live Translate, dan Note Assist.
Fitur Bahasa Indonesia ini tidak hanya berfokus pada bahasa daerah, tetapi juga memperhatikan tone bicara pengguna dan mungkin menyertakan kata-kata lokal. Fitur ini akan sangat bermanfaat, terutama dalam situasi seperti perjalanan ke luar negeri di mana bahasa Inggris bukanlah bahasa utama.
"Pola kalimatnya masih Bahasa Indonesia. Cuma tone-nya (yang beda). 'Gimana, mau ke sana', tapi pakai nada (daerah)," ujarnya.
Melalui fitur Live Translate, pengguna dapat dengan mudah menerjemahkan percakapan dari dan ke berbagai bahasa asing, tanpa perlu koneksi internet atau Wi-Fi. Fitur itu amat berguna saat traveling ke negara-negara luar yang tak menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa utama, contohnya Jepang dan Korea. Saat ini fitur Interpreter sudah dapat menerjemahkan percakapan dari 15 bahasa asing langsung ke Bahasa Indonesia.
Baca Juga: Apple Lobi OpenAI dan Google untuk Integrasikan AI di iOS 18
Baca Juga: Aplikasi Adaptif Berbasis AI Tingkatkan Pengalaman Bisnis Pelanggan
Penulis | : | Adam Rizal |
Editor | : | Adam Rizal |
KOMENTAR