Google memperkenalkan ekstensi Gemini AI untuk layanan YouTube Music. Dengan ekstensi ini, pengguna dapat meminta saran lagu atau informasi terkait musik, dan Gemini akan memberikan jawaban yang lebih baik dengan menyertakan pratinjau lagu dari YouTube Music. Sebelumnya, Google hanya menawarkan ekstensi aplikasi dan layanan pihak pertama untuk chatbot, termasuk untuk Google Flights, Google Hotels, Google Maps, Google Workspace, dan YouTube.
Pengguna dapat mengakses lagu-lagu tersebut itu dengan mudah melalui aplikasi YouTube Music atau portal webnya. Ekstensi itu juga memungkinkan Gemini mengakses informasi pengguna di YouTube Music, seperti daftar putar dan preferensi musik mereka seperti dilansir Android Authority.
Jika perangkat Anda tidak memiliki aplikasi YouTube Music, lagu tersebut akan ditampilkan di portal web YouTube Music. Google mengatakan ekstensi Musik YouTube untuk Gemini akan memungkinkan pengguna memutar, mencari, dan menemukan lagu, artis, daftar putar favorit, dan banyak lagi. Dengan mengaktifkan ekstensi ini, Gemini juga dapat mengakses informasi kamu di YouTube Music, seperti lagu di perpustakaan, lagu yang kamu sukai dan tidak sukai, serta menandai favorit, daftar putar, dan lainnya.
Penghasilan Tambahan Shorts
YouTube mengumumkan format video pendek "Shorts" sukses meraih kesuksesan dengan lebih dari 25 persen para kreatornya memperoleh penghasilan dari Shorts. Kini Shorts mencatat lebih dari 70 miliar tayangan setiap hari, menunjukkan pertumbuhan yang pesat meskipun awalnya sempat dipertanyakan.
Dengan membuka pembagian pendapatan bagi Shorts sejak setahun yang lalu, YouTube memberikan kesempatan bagi lebih dari seperempat kreator yang tergabung dalam Program Mitra YouTube (YPP) untuk menghasilkan uang dari Shorts.
Keberhasilan Shorts tidak hanya membuka peluang baru bagi para kreator, tetapi juga memberikan nuansa baru bagi platform YouTube seperti dikutip Phone Arena.
Meskipun beberapa pengguna mungkin tidak sepenuhnya menyukai Shorts yang muncul di feed mereka, Shorts tetap menjadi bagian penting dari YouTube dan menjanjikan potensi penghasilan yang signifikan bagi para kreator di masa depan dengan semakin banyaknya kreator yang terlibat.
Shorts Eksklusif
YouTube meluncurkan versi Shorts eksklusif untuk anggota berbayar yang memungkinkan pembuat konten untuk membagikan video pendek secara khusus kepada pemirsa yang membayar. Fitur baru itu menambahkan nilai bagi pelanggan berbayar dengan memberi mereka akses ke konten tambahan seperti pengumuman khusus, peluncuran produk, atau penawaran eksklusif.
Kini pembuat konten dapat menggunakan Shorts Khusus Anggota untuk berbagai keperluan, seperti sesi Tanya Jawab, tampilan di balik layar, atau cuplikan konten mendatang. Langkah ini datang seiring dengan perluasan TikTok terhadap penawaran berlangganan kepada lebih banyak pembuat konten.
TikTok telah memperluas alat monetisasinya untuk memungkinkan pembuat konten non-LIVE untuk memposting video eksklusif bagi pelanggan berbayar. Pembuat konten YouTube dapat memilih untuk menyediakan video Shorts mereka hanya kepada pelanggan berbayar, memungkinkan mereka untuk merencanakan dan menjadwalkan konten eksklusif tersebut.
Source | : | Android Authority |
Penulis | : | Adam Rizal |
Editor | : | Adam Rizal |
KOMENTAR