Dengan peningkatan jumlah pengguna internet dan infrastruktur digital yang semakin baik, ukuran pasar e-commerce Indonesia diperkirakan akan tumbuh dari USD 52,93 miliar pada tahun 2023 menjadi USD 86,81 miliar pada tahun 2028 selama periode tersebut.
Salah satu momentum yang turut memacu pertumbuhan transaksi e-commerce adalah kampanye Payday Sale dan Double Day Sale (Promo Tanggal Kembar) yang selalu dinantikan oleh konsumen.
Menjelang akhir tahun, festival seperti Hari Belanja Online Nasional (HarBolNas) telah menjadi amunisi pendorong pertumbuhan e-commerce di Indonesia selama lebih dari satu dekade.
Sejak pertama kali digelar pada 12 Desember 2012, HarBolNas adalah salah satu festival belanja yang paling dinantikan oleh pembelanja online.
Seiring berjalannya waktu, konsep Double Days, atau tanggal kembar pada setiap bulan, semakin tertanam dalam benak masyarakat.
Menurut Danang Cahyono, Chief Operating Officer SIRCLO, pola belanja online di Indonesia menunjukkan tren pertumbuhan setiap kali kampanye serupa digelar.
“Dari tahun ke tahun, terjadi peningkatan signifikan dalam jumlah pesanan dan konsumen baru selama periode Double Days. Berdasarkan data internal SIRCLO, pasca pandemi atau selama dua tahun ke belakang rata-rata jumlah pesanan pada promo 1.1 hingga 7.7 terus meningkat sebesar 32%, sementara jumlah konsumen baru naik sebesar 46% secara year-on-year,” jelasnya.
Fenomena lonjakan transaksi promo Double Days umumnya terjadi pada periode payday atau sekitar tanggal 25 setiap bulan, dan mencapai puncaknya pada festival Double Days.
Survei dari SnapCart menunjukkan bahwa sebanyak 88% masyarakat Indonesia telah memanfaatkan promo Double Days, dengan anggaran belanja yang biasanya berkisar antara IDR 100.000 hingga IDR 500.000.
Prospek promo Double Days diprediksi tetap positif, dibuktikan dengan 96% masyarakat Indonesia bersedia berbelanja kembali saat promo ini berlangsung di masa mendatang.
Tiga Strategi Tingkatkan Penjualan di Tanggal Kembar
Dengan minat belanja masyarakat yang tinggi saat promo Payday dan Double Day, pelaku usaha perlu memanfaatkan peluang ini guna mendatangkan traffic dan menggenjot penjualan.
Berikut tiga strategi dari SIRCLO yang dapat diterapkan untuk memacu pertumbuhan saat periode promo berlangsung:
Penulis | : | Rafki Fachrizal |
Editor | : | Rafki Fachrizal |
KOMENTAR