Tokopedia dan ShopTokopedia merayakan ‘Hari Sumpah Pemuda 2024’ dengan terus berupaya membantu pelaku usaha muda di Indonesia memulai dan membangun bisnis di era digital lewat pemanfaatan teknologi, demi bersama-sama berkontribusi terhadap perekonomian tanah air.
Lebih lanjut, untuk semakin mendorong kemajuan pelaku usaha muda di era digital, Tokopedia dan ShopTokopedia mencetak sebanyak-banyaknya kreator muda profesional yang diharapkan bisa membantu UMKM memperluas pasar dan memasarkan produk.
Head of Communications Tokopedia and TikTok E-commerce, Aditia Grasio Nelwan, mengatakan, "Peringatan Hari Sumpah Pemuda 2024 bertemakan 'Maju Bersama Indonesia Raya'. Tema ini mengusung pesan kuat tentang kolaborasi dan menjunjung tinggi semangat gotong royong untuk mengakselerasi pembangunan negara.”
“Hal tersebut sejalan dengan upaya kolaborasi Tokopedia dan ShopTokopedia bersama mitra strategis untuk membantu pelaku usaha muda mendapatkan panggung lebih luas sehingga produk mereka makin diminati masyarakat. Misalnya, dengan mengedepankan kampanye seperti Beli Lokal dan Melokal Dengan Batik. Kami juga mencetak lebih banyak kreator muda profesional lewat Creators Lab untuk membantu UMKM mempromosikan produk dengan cara yang lebih menarik dan relevan," tambahnya.
Kampanye ‘Beli Lokal’ dan ‘Melokal Dengan Batik’ dorong penjualan merek fesyen lokal
Fesyen konsisten menjadi salah satu kategori produk paling laris di Tokopedia dan ShopTokopedia. Pada kuartal III 2024, sejumlah kategori paling laris di Tokopedia, antara lain: Fesyen, Kecantikan dan Perawatan Tubuh, Kesehatan, Makanan dan Minuman, dan Rumah Tangga.
Sedangkan di ShopTokopedia, antara lain: Fesyen, Kecantikan dan Perawatan Tubuh, Makanan dan Minuman, Home Supplies, dan Elektronik.
Khusus pada kategori Fesyen, terdapat beberapa produk terlaku di Tokopedia pada kuartal III 2024, yaitu: atasan, sepatu, dan bawahan. Sedangkan di ShopTokopedia, yaitu: atasan, hijab, dan bawahan.
"Guna makin mendorong kontribusi merek fesyen lokal--khususnya UMKM--terhadap perekonomian digital, Tokopedia dan ShopTokopedia bersama mitra strategis melakukan berbagai upaya. Contohnya lewat kampanye Beli Lokal yang bekerja sama dengan pemerintah untuk memberikan etalase khusus bagi merek lokal--termasuk fesyen--agar makin menjadi pilihan masyarakat. Ada pula kampanye Melokal Dengan Batik yang bekerja sama dengan pemerintah, institusi pendidikan, kreator, dan lembaga keuangan, untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas perajin dan UMKM batik di era teknologi," papar Aditia.
Brand lokal, termasuk dari bidang fesyen, yang dimotori oleh pelaku usaha muda dan ikut dalam berbagai kampanye di Tokopedia dan ShopTokopedia merasakan dampak positif.
Contohnya, Dama Kara yang mengalami peningkatan penjualan 2 kali lipat berkat Beli Lokal, dan Batik Paduka yang mengalami kenaikan penjualan hingga 70% berkat berpartisipasi dalam Melokal Dengan Batik.
Aditia menambahkan, "Tokopedia dan ShopTokopedia sangat mengapresiasi anak muda pelaku usaha--seperti pemilik Dama Kara dan Batik Paduka--yang berani memulai dan membangun bisnis, serta memberdayakan komunitas, khususnya yang juga anak muda."
Baca Juga: Lima Tips Belanja Online Anti Boncos saat Gajian ala ShopTokopedia
Penulis | : | Rafki Fachrizal |
Editor | : | Rafki Fachrizal |
KOMENTAR