“Melanjutkan” OTW (Online Tiket Week) bulan lalu, tiket.com belum lama di Jakarta meluncurkan THR (Tiket Hari Raya) Termeriah. Program promosi ini menawarkan aneka potongan harga plus cashback untuk seluruh kebutuhan perjalanan, baik domestik maupun internasional, yang bisa membantu masyarakat Indonesia mudik Lebaran maupun menjalani liburan yang menjelang. Masyarakat misalnya bisa mendapatkan tiket transportasi dengan harga lebih terjangkau yang memudahkan mereka dari sisi biaya.
tiket.com menambahkan THR Termeriah pun datang menyambut tingginya antusiasme masyarakat dalam bepergian pada momen libur panjang Lebaran mendatang. Kementerian Perhubungan Republik Indonesia memprediksikan sebanyak 146,48 juta orang, sekitar 52% penduduk Indonesia, akan melakukan perjalanan pada periode libur Lebaran 2025. Mayoritas perjalanan berasal dari Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa Tengah.
Sejalan dengan prediksi banyaknya orang Indonesia yang akan berpergian pada periode libur Idulfitri tahun ini, tiket.com mengeklaim bisnisnya meningkat pula menjelang periode tersebut. Bahkan, tiket.com mengeklaim bisnisnya menjelang periode yang dimaksud mengalami pertumbuhan dibandingkan periode yang sama tahun lalu. tiket.com menyebutkan mengalami peningkatan tiket transportasi sebesar 27%, akomodasi sekitar 41%, dan aktivitas wisata sebesar 69%.
“Kita di tahun 2024, dibandingkan tahun 2025, tahun ini, sebenarnya bagus banget ya pertumbuhan tahun ke tahunnya itu sangat tinggi,” kata Gaery Undarsa (Co-founder & Chief Marketing Officer, tiket.com). “Misalnya contoh, untuk apa, periode, ini kan periode sekarang ini menjelang Lebaran, menjelang Lebaran, so far kita melihatnya transportasi itu naiknya itu sekitar 27%. Transportasi itu gabungan ya, antara pesawat, kereta, dan lain-lain. Kalau misalnya pesawatnya sendiri itu kenaikannya 35%.”
“Ini bisa tercapai juga karena kemarin itu sekitar 2 minggu yang lalu, 3 minggu yang lalu itu kita baru adakan namanya Online Tiket Week, Harga Gledek. Nah itu, apa, event kasarnya, event promo kita yang paling besarlah ya. Selama, apa namanya, selama 1 tahun, apa itu, sangat membantu, mendobrak untuk perjalanan pas Lebaran ini,” tambah Gaery.
THR Termeriah berlangsung dari 17 sampai 31 Maret 2025. THR Termeriah hadir dengan diskon hingga 50% dan cashback hingga Rp600 ribu untuk semua kebutuhan perjalanan, baik domestik maupun internasional. Selain itu, ada juga Belah Ketupat yang sudah berlangsung lebih dulu dan akan berakhir belakangan, dari 10 Maret sampai 8 April 2025. Program ini menawarkan antara lain kesempatan untuk mendapatkan beragam hadiah.
Dukung Pariwisata Indonesia
Sebagai mitra strategis Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, tiket.com menegaskan juga ikut berperan aktif dalam mendukung inisiatif pemerintah, seperti BBWI (Bangga Berwisata di Indonesia) yang bisa meningkatkan pariwisata Indonesia. Lewat THR Termeriah, tiket.com mendorong masyarakat merealisasikan perjalanan impian pada libur panjang Lebaran, baik mengeksplorasi keindahan destinasi lokal di sekitar kampung halaman sejalan dengan mudik, maupun menjelajahi beragam tempat wisata tanah air dengan berlibur.
“Diperkirakan tahun ini betul-betul 52% penduduk Indonesia itu bergerak loh. Jadi, hampir 148, 46,5 lah ya, juta, juta penduduk itu, ini luar biasa, kayaknya mungkin Indonesia nih yang terbesar di dunia,” sebut Ni Made Ayu Marthini (Deputi Bidang Pemasaran, Kementerian Pariwisata Republik Indonesia). “Oleh karena itu, kita, kami dari Kementerian Pariwisata melihat ini sebagai sebuah peluang. Karena kan pergerakan artinya, by definition ya, itu kan wisatawan, wisatawan domestik gitu ya yang bergerak. Ketika bergerak itu artinya, kalau ingat wisatawan, itu spending.”
“Bangga Berwisata di Indonesia. Sebetulnya ini adalah sebuah gerakan ya. Sebuah gerakan yang pemerintah luncurkan sehingga masyarakat Indonesia itu mencintai tanah airnya dengan mengunjungi,” lanjut Made sembari menambahkan banyak masyarakat yang belum pernah mengunjungi tempat-tempat wisata populer di Indonesia. “Now is the time, saatnya sekarang untuk melakukan hal tersebut ya. Mungkin setelah Lebaran, habis itu bisa liburan.”
tiket.com memastikan pula platformnya menawarkan solusi transportasi mudik Lebaran dan liburan yang lengkap. tiket.com menyediakan mulai dari pesawat, kereta api, feri, bus & shuttle, rental mobil, sampai antar jemput bandara. Tak ketinggalan, menjawab permintaan masyarakat, tiket.com juga menyediakan kereta cepat, tepatnya Whoosh. Dengan aneka solusi tersebut, tiket.com berharap para pengguna makin mudah merencanakan perjalanan plus bisa mendapatkan perjalanan yang lancar dan menyenangkan.
“Seperti tahun-tahun sebelumnya, kami selalu fokus pada customer dengan selalu melakukan inovasi dari sisi layanan kami, tentunya dengan kerja sama dengan mitra-mitra kami,” ujar Andi Hendrawan (Director of Transportation, tiket.com) sambil menyebutkan KCIC (Kereta Cepat Indonesia China) — operator Whoosh — sebagai mitra terbaru tiket.com. “Dengan komitmen kami selalu menempatkan customer sebagai fokus atau objek kami, tentunya kami ingin mencoba untuk memberikan pelayanan terbaik, khususnya pada libur Lebaran ini.”
Penulis | : | Cakrawala Gintings |
Editor | : | Dayu Akbar |
KOMENTAR