Ingram Micro Indonesia baru-baru ini di Jakarta meluncurkan secara resmi Xvantage di tanah air. Ingram Micro menjelaskan Xvantage sebagai sebuah platform digital revolusioner berbasis AI (artificial intelligence) yang mengubah cara kerja distribusi TI (teknologi informasi). Ditujukan untuk para mitra, Ingram Micro Xvantage diklaim mentransformasi proses B2B (business-to-business) konvensional dengan pengalaman digital ala B2C (business-to-consumer). Dengannya, proses antara Ingram Micro dengan para mitra itu lebih efisien dan bisa meningkatkan bisnis.
Ingram Micro menambahkan bahwa dengan Xvantage mitra-mitra tidak hanya bisa mengelola berbagai hal, termasuk informasi/edukasi produk, pada satu tempat secara cepat; melainkan juga mendapatkan aneka insight yang terpersonalisasi. Menanya produk, meminta quotation, dan melakukan pemesanan misalnya bisa dilakukan suatu mitra ke Ingram Micro via Xvantage, tidak lagi melalui telepon, e-mail, dan lainnya. Mitra tersebut pun bisa mendapatkan insight dari Ingram Micro Xvantage akan berbagai bisnisnya, contohnya untuk mendorong upselling.
“Xvantage melambangkan tonggak penting dalam distribusi TI di Indonesia,” sebut Mulia Dewi Karnadi (Presiden Direktur, Ingram Micro Indonesia). “Dengan memperkenalkan platform canggih ini, kami bertujuan menyediakan tools bagi para mitra kami untuk menyederhanakan proses, meningkatkan pengambilan keputusan, dan membuka potensi pertumbuhan bisnis mereka. Dengan Xvantage, bisnis dapat menavigasi perubahan pasar dengan cekatan dan tepat, memperkuat keunggulan kompetitif mereka di era digital.”
“B2B itu amat sangat kental dengan yang namanya tidak efisien, gitu karena B2B itu harus benar-benar yang, kalau kita ngomong zaman dulu sebelum ada digital transformation ini itu, yang telfon, harus telfon satu-satu ke vendornya, trus harus tanya Pak di mana? Barang sudah masuk belum? Pegang product apa? Lahir dari semua isu-isu yang terjadi di partner-partnernya Ingram atau partner-partnernya B2B secara market, oleh karena itu akhirnya Ingram mengeluarkan yang namanya Xvantage,” jelas Siska Wulandari (Business Operations Manager, Ingram Micro Indonesia).
Lebih lanjut Ingram Micro menekankan bahwa Xvantage merupakan solusi transformatif yang dirancang untuk merampingkan operasi, meningkatkan pengambilan keputusan, memungkinkan scalability, memangkas ketidakefisienan, menyederhanakan proses, serta memberdayakan bisnis untuk beradaptasi dan berkembang. Ingram Micro mengeklaim Xvantage bisa mengatasi tantangan-tantangan industri seperti operasi yang kompleks, proses yang memakan waktu, dan visibilitas data yang terbatas.
Terdapat enam fitur Ingram Micro Xvantage yang dikedepankan. Berikut ini adalah keenam fitur yang dimaksud, seperti yang dikutip dari rilis resmi Ingram Micro.
Penulis | : | Cakrawala Gintings |
Editor | : | Rafki Fachrizal |
KOMENTAR