Perusahaan riset IDC mengungkapkan Apple masih menguasai pasar tablet di dunia dengan pangsa pasar lebih dari 28 persen secara global dan menjual iPad sebanyak 9,1 juta unit pada kuartal pertama tahun ini.
iPad Pro memberikan kontribusi penjualan terbesar kepada Apple, mengingat ada sebanyak 1,8 juta unit iPad Pro yang terjual selama tiga bulan pertama pada 2018. Angka itu cukup tinggi dan menjadi penyumbang pendapatan terbesar Apple untuk sektor tablet.
Sebagai perbandingan, Apple menguasai pangsa pasar tablet sebanyak 27 persen pada tahun lalu dan sebanyak 24 persen pada 2016. Tak heran, iPad memang menjadi tablet terlaris di dunia sejak memulai debutnya pada 2010.
Di bawah Apple, ada Samsung yang berada di posisi kedua dengan pangsa pasar 16,7 persen dan setia mengandalkan tablet Android premium dengan jajaran Tab S-nya. Di peringkat ketiga, ada Huawei yang menguasai pangsa pasar tablet sebanyak 13 persen.
Setelah itu, ada Amazon yang mempunyai pangsa pasar sebesar 3,5 persen dengan penjualan tablet sebanyak 1,1 juta unit.
Hingga kuartal keempat pada akhir 2017, pengiriman tablet secara global 163,5 juta unit turun 6,5 persen dibanding periode yang sama sebelumnya sebanyak 174,9 juta unit.
Pada kuartal keempat tahun 2017, pasar tablet mengalami penurunan 7,9 persen year on year sebesar 49,6 juta unit yang dikirim ke seluruh dunia, dibandingkan dengan 53,8 juta unit pada kuartal yang sama tahun sebelumnya.
Source | : | idc.com |
Penulis | : | Adam Rizal |
Editor | : | Adam Rizal |
KOMENTAR