Alibaba Machine Intelligence Technologies dan Alibaba DAMO Academy meluncurkan teknologi terbarunya speech interaction berbasis kecerdasan buatan (AI) dan berfungsi sebagai sistem "pemesanan pintar" di kafe dan restoran.
"Solusi speech interaction multi-modal kami didukung oleh kemampuan untuk memahami bahasa lisan," kata Zhijie Yan (Head of Intelligent Speech Interaction Alibaba Machine Intelligence Technologies).
"Solusi ini dapat digunakan di berbagai skenario termasuk pemesanan makanan dan minuman, pelayanan konsumen, perintah suara untuk perangkat rumah dan mobil pintar, dan dapat menjawab pertanyaan di pusat perbelanjaan atau bandara dalam bentuk audio," ujarnya.
Nantinya, pelanggan dapat memesan kopi atau makanan hanya dengan berbicara kepada mesin pemesan pintar. Mesin itu akan memproses pesanan pelanggan sesuai dengan seleranya dan menampilkan pesanan Anda di layar dalam hitungan detik.
Tak hanya itu, pelanggan juga dapat mengubah pesanan mereka sebanyak yang mereka mau dan mesin pintar itu akan memperbarui pesanannya.
Mesin pemesan pintar itu akan menampilkan pesanan terbaru dengan keterangan lengkap, sepertidua gelas besar dan satu gelas kecil cappuccino tanpa kafein, semua dengan gula sedikit, dan untuk dibawa pulang.
"Saya mau memesan dua gelas cappuccino ukuran besar. Oh, tolong kurangi gulanya dan tanpa kafein. Saya mau kopinya untuk dibawa pulang. Maaf, seharusnya tiga gelas cappuccino, dua ukuran besar dan satu ukuran kecil," ujarnya.
Cara Kerja
Pertama, tim riset Alibaba Machine Intelligence Technologies mengembangkan solusi interaksi bicara multi-modal yang dapat menangkap fitur suara dan visual, seperti tempo bicara, jeda antarkata, lafal, napas, dan ekspresi wajah.
Kemudian, tim membangun model pembelajaran yang mampu merevisi dan mendeteksi maksud dari kalimat yang diucapkan.
"Seluruh aspek ini sangat penting di bidang pemahaman bahasa lisan sehingga penerapan teknologi ini dapat diaplikasikan pada kebutuhan pemasaran. Kami percaya solusi ini dapat meningkatkan pengalaman konsumen dan membantu pengusaha mengelola bisnis dengan lebih efisien," kata Yan.
Mesin pemesan pintar akan beroperasi di pasaran dalam beberapa bulan ke depan dan solusi ini akan tersedia di Alibaba Cloud untuk membantu UKM. Sayangnya, solusi itu baru tersedia dalam bahasa Mandarin.
Pada Desember lalu, Alibaba memperkenalkan teknologi pengenal suara jarak jauh untuk kios tiket di stasiun metro Shanghai. Kios tiket pintar pertama itu memungkinkan penumpang menggunakan suara mereka untuk memberitahu kios tujuan mereka dan mesin akan merekomendasikan rute terbaik.
Penulis | : | Adam Rizal |
Editor | : | Adam Rizal |
KOMENTAR