Find Us On Social Media :

Teknologi 5G Sudah Dekat dan Dapat Diaplikasikan di Berbagai Bidang

By Cakrawala, Kamis, 13 Juni 2019 | 17:30 WIB

Penulis: Shannedy Ong (Country Manager, Qualcomm Indonesia)

Dunia baru saja menjadi saksi mata atas teknologi terbaru pada gelaran Mobile World Congress 2019 yang dilaksanakan pada bulan Februari lalu di Barcelona. Menyoroti tema Intelligent Connectivity, MWC tahun ini memberikan panggung untuk konektivitas 5G. Berbagai perangkat dan smartphone flagship dengan konektivitas 5G diperkenalkan, jaringan serta infrastruktur 5G pun diluncurkan. Sebagai hasil usaha masif dari industri ini, pengalaman 5G dapat segera dimiliki oleh konsumen. Tidak hanya smartphone, 5G juga mencakup kategori dan perangkat yang lebih luas. Hal ini termasuk mobile hotspot, perangkat nirkabel yang mendukung akses 5G, yang memungkinkan para inventor untuk membangun konektivitas 5G ke dalam berbagai bentuk aplikasi untuk konsumen, perusahaan, dan industri.

Selama lebih dari tiga puluh tahun, Qualcomm telah menciptakan banyak terobosan teknologi yang memungkinkan terciptanya teknologi lain. Mulai dari 3G, 4G, sampai 5G saat ini, Qualcomm telah mentransformasi cara dunia terhubung, berkomputasi, dan berkomunikasi, yang mempercepat ekosistem seluler dan laju perkembangan industri lainnya, seperti otomotif, hiburan, manufaktur, dan komputasi.

Mulai dari menciptakan teknologi yang sebelumnya dianggap mustahil untuk 5G, sampai membantu menciptakan spesifikasi 3GPP 5G NR yang membuka jalan menuju standardisasi global, tim kami telah bekerja tanpa lelah dan membantu membuat peluncuran 5G menjadi kenyataan, meskipun melewati tahun yang penuh tantangan. Teknologi 5G adalah puncak dari investasi bertahun-tahun, dari litbang intensif, pengembangan standar, prototyping, pengujian interoperability, dan pengembangan produk. Pada MWC 2019, Qualcomm merayakan fase pertama dari serangkaian pencapaiannya dalam mempercepat teknologi 5G, serta membawa mereka ke dunia untuk memungkinkan masyarakat, komunitas, dan seluruh industri untuk melangkah maju dengan cara baru dan menarik.

Juga untuk Industri

Sebanyak sebelas perangkat 5G yang ditenagai Qualcomm Snapdragon 855 Mobile Platform dan modem 5G Qualcomm Snapdragon X50 telah diperkenalkan sebelum dan selama gelaran MWC 2019, di antaranya adalah LG V50 ThinQ, Samsung Galaxy S10 5G, Xiaomi Mi MIX 3 5G, ZTE Axon 10 Pro 5G, Motorola Z3 dengan moto mod 5G, serta perangkat lainnya dari nubia, OnePlus, OPPO, Sony, dan Vivo. Ekosistem Android akan makin dipenuhi dengan berbagai perangkat unggulan 5G tahun ini, sedangkan operator di AS mengejar untuk merilis jaringan bagi konsumen seperti Sprint, Verizon, T-Mobile, dan AT&T. Tingginya jumlah peluncuran perangkat dan jaringan operator 5G menjadi bukti bahwa Qualcomm berhasil menyatukan para pemain industri untuk mempercepat rilis komersial teknologi ini ke dunia. Tidak hanya mobile, Qualcomm bahkan menyiapkan untuk mengumumkan Platform 5G untuk PC.

Kelebihan 5G akan membawa kemajuan tidak hanya pada bidang mobile, tetapi juga memberikan transformasi signifikan di sektor industri, seperti robotik, otomotif, dan IIoT (industrial internet of things). Drone adalah salah satu contoh tepat dari teknologi yang dapat memanfaatkan jaringan 4G saat ini, dan segera menggunakan 5G. Latensi yang rendah dan konektivitas yang lancar dari 5G memampukan pengembangan komunikasi drone dengan pengguna, peningkatkan transportasi tanpa awak untuk pengiriman logistik oleh perusahaan, pemonitoran lapangan yang luas dalam jangka waktu yang lebih pendek, serta menghasilkan volume data analisis yang besar secara real-time. Selain robotik, Qualcomm juga mengumumkan kolaborasi riset berkelanjutan dengan Bosch dalam pengembangan 5G NR untuk mempersiapkan pabrik pintar dan terhubung yang menjadi elemen penting dalam Industri 4.0.