Find Us On Social Media :

Meski Adopsi Cloud Meningkat, Resiko Ancamannya Juga Masih Besar

By Rafki Fachrizal, Kamis, 29 Agustus 2019 | 15:15 WIB

Dony Koesmandarin (Territory Channel Manager for Indonesia, Kaspersky South East Asia) dan Yeo Siang Tiong (General Manager for South East Asia, Kaspersky), saat konferensi pers di Jakarta.

Berdasarkan penelitian terbaru Kasperky, ditemukan fakta bahwa adopsi cloud di Indonesia tetap berada pada kondisi cukup baik dan terus mengalami peningkatan.

Alasan utamanya, dikarenakan semakin menjamurnya Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dan perusahaan di negara ini yang ingin memulai menggunakan teknologi tersebut.

Seperti diketahui, keuntungan yang ditawarkan dari teknologi ini cloud cukup beragam. Contohnya seperti meningkatnya keandalan layanan perusahaan dan meningkatnya kecepatan dalam memberikan produk dan layanan terbaru.

Namun demikian, penelitian terbaru Kaspersky ini juga mengingatkan bahwa keamanan siber juga harus diperhatikan ketika perusahaan menggunakan layanan cloud.

“Saat memigrasikan data penting ke dunia virtual, perusahaan harus memahami bahwa perhatian terhadap pertahanan keamanan siber mereka juga diperlukan. Ingatlah bahwa dengan konektivitas yang lebih besar akan muncul risiko dan kerentanan yang lebih besar pula,” ujar Yeo Siang Tiong selaku General Manager for South East Asia, Kaspersky, saat konferensi pers di Jakarta.

Lebih lanjut, penelitian Kaspersky ini mengungkapkan bahwa 9 dari 10 Perusahaan di seluruh dunia telah mengalami pelanggaran data yang memengaruhi infrastruktur cloud publik yang mereka gunakan.

Sebagian besar perusahaan mengakui bahwa rekayasa sosial adalah bagian dari serangan tersebut.

Rekayasa sosial sendiri termasuk semacam trik dasar untuk mengelabui pikiran manusia dan menargetkan individu dengan tujuan mencuri informasi, atau sejenisnya.

Beberapa jenis data yang termasuk dalam pelanggaran ini adalah informasi yang dapat mengonfirmasi identitas pelanggan, rincian pembayaran, bahkan kredensial otentikasi pengguna.

Baca Juga: Tangguh dan Ringan, Robot Toshiba ini Bekerja Cepat di Sektor Logistik

Selain itu, para target serangan juga mengalami kerugian operasional, kerugian finansial, pencemaran reputasi, dan hilangnya loyalitas pelanggan yang sudah diperoleh dengan susah payah.

Terlebih lagi, studi yang sama juga menunjukkan bahwa 19,0% insiden di Indonesia yang di-hosting oleh pihak ketiga dan memengaruhi infrastruktur adalah disebabkan oleh phishing, kemudian 20,7% disebabkan oleh rekayasa sosial lainnya, dan 6,9% lainnya disebabkan oleh para penyedia cloud.