Find Us On Social Media :

Teknologi SAP Bantu Tiga Kota di Dunia Mewujudkan Smart City

By Rafki Fachrizal, Jumat, 30 Agustus 2019 | 16:16 WIB

Kota Nanjing, salah satu kota di negara Cina yang kini berubah menjadi smart city.

Konsep smart city (kota cerdas) kini sedang maraknya diimplementasikan di berbagai kota/kabupaten di Indonesia.

Apalagi, sejak beberapa tahun lalu pemerintah Indonesia melalui Kemenkominfo dan beberapa kementerian lainnya mengadakan sebuah program terkait smart city yaitu “Gerakan Menuju 100 Smart City”.

Dalam program ini, 100 kota/kabupaten di Indonesia yang terpilih berkesempatan untuk mendapatkan bimbingan teknis dalam menyusun masterplan smart city.

Lebih lanjut, untuk bisa mewujudkan smart city, tentunya kaloborasi antara berbagai pihak menjadi salah satu hal yang tidak lepas dari perhatian pemerintah kota/kabupaten yang terpilih dalam program ini. Termasuk kolaborasi dengan penyedia teknologi smart city misalnya.

Saat ini, salah satu perusahaan teknologi yang menyediakan solusi teknologi terkait smart city adalah SAP.

Dalam portofolionya sendiri, tercatat sudah banyak kota-kota di dunia yang mendapatkan dukungan dari solusi yang disediakan SAP untuk mewujudkan smart city. Nah, sebagai contohnya, berikut ini adalah beberapa kota tersebut:

1. Kota Antibes, Perancis

Antibes adalah salah satu kota yang terletak di sisi Tenggara Perancis yang terkenal memiliki banyak bangunan dengan arsitektur bergaya klasik.

Selain itu, kota ini juga menjadi salah satu destinasi favorit para wisatawan lantaran keindahan pantai yang dimilikinya.

Karena banyaknya wisata, tidak heran bila kota ini ramai dikunjungi wisatawan ketika musim panas atau liburan tiba.

Menurut data, bahkan saat musim itu itu populasi di kota ini berjumlah sekitar 250.000 orang, yang di mana itu jumlah tiga kali lipat dari jumlah penduduk asli kota ini.

Bagi pemerintah Kota Antibes, dengan kondisi seperti itu tentunya menjaga infrastruktur air mereka tetap efisien dan aman bagi seluruh penduduknya adalah salah satu hal yang penting.