Find Us On Social Media :

Mengapa Pemprov DKI Sebaiknya Membatalkan Rencana Pembelian Mainframe

By Wisnu Nugroho, Jumat, 6 Desember 2019 | 18:31 WIB

Ilustrasi Data Center

Saat ini, ruang diskusi publik sedang diramaikan rencana pembelian sistem pengolahan data oleh Pemprov DKI Jakarta. Seperti ditulis Kompas.com, anggaran untuk membeli sistem berbasis komputer mainframe ini mencapai Rp.128,992 miliar. 

Sistem ini diajukan oleh Badan Pajak dan Retribusi Daerah DKI Jakarta yang bertujuan memetakan potensi pajak di DKI Jakarta. 

Angka sebesar itu digunakan untuk pembelian:

Pertanyaan yang langsung terlontar adalah, apakah memang butuh dana sebesar itu untuk membeli sistem pengolahan data, lengkap dengan mainframe-nya? Berikut penjelasannya.

Apa itu Mainframe

Mainframe pada dasarnya adalah sejenis komputer dengan kemampuan komputasi yang sangat besar. Komputer mainframe didesain untuk dapat mengolah volume input dan output (I/O) data dalam jumlah yang masif. 

Tak heran jika komputer mainframe biasanya digunakan perusahaan enterprise seperti perbankan atau telekomunikasi. Data menunjukkan, 96 dari 100 bank terbesar di dunia menggunakan komputer mainframe untuk memproses transaksi. Hal ini juga tidak lepas dari arsitektur mainframe yang terbukti andal ketika digunakan untuk memproses jutaan transaksi tiap harinya.

Mengapa? Karena pada dasarnya mainframe menggunakan arsitektur berbeda dibanding arsitektur x86 yang digunakan Intel atau AMD. Prosesor mainframe didesain untuk fungsi spesifik (seperti memproses transaksi), sementara x86 lebih ke multi purpose atau banyak tujuan (seperti memproses transaksi, sekaligus render video, sekaligus edit foto, dan lain sebagainya). 

Arsitektur mainframe juga dirancang agar dapat mengakomodasi penggunaan memori dalam jumlah besar. Contohnya generasi mainframe terbaru dapat mendukung memori sampai 10 terabyte. 

Karena arsitektur yang rumit (dan juga pasar yang terbatas), produsen mainframe terbilang sedikit. Pasar mainframe praktis dikuasai IBM, selain nama lain seperti Hitachi dan Fujitsu. 

Hal itulah yang mungkin menjelaskan mengapa harga komputer mainframe relatif mahal. Setidaknya jika dibanding data center berbasis x86, harga komputer mainframe relatif lebih tinggi.

Apakah harus menggunakan Mainframe?