Find Us On Social Media :

Gelora.id: Hadirkan Cara Praktis untuk Reservasi Lapangan Olahraga

By Rafki Fachrizal, Rabu, 5 Februari 2020 | 10:30 WIB

Dibyanta Satari, CEO dan Co-founder Gelora.id.

Tren untuk menerapkan gaya hidup sehat dengan berolahraga secara rutin semakin digemari oleh masyarakat, khususnya bagi masyarakat urban. Sebagai dampaknya, tidak heran bila saat ini mulai menjamur startup yang menawarkan layanan di bidang olahraga.

Di Tanah Air sendiri, salah satu startup yang bergerak di bidang ini adalah Gelora.id. resmi beroperasi sejak Mei 2019, Gelora.id menawarkan layanan yang membantu para penggiat olahraga untuk menemukan lapangan dan teman berolahraga yang ada di sekitar area mereka.

Berbicara mengenai layanan yang ditawarkan, ada perbedaan tersendiri yang ditawarkan startup ini dibandingkan dengan para kompetitor. Salah satunya terkait dengan jenis olahraga yang ditawarkan. Di plaftormnya, Gelora.id hanya fokus menyediakan fasilitas untuk para penggiat olahraga luar ruang saja. Beberapa jenis olahraga tersebut di antaranya sepak bola, futsal, basket, badminton, tenis, dan squash.

“Visi utama kami ingin membantu lebih dari satu juta orang untuk mengakses olahraga supaya mempunyai gaya hidup atau lifestyle yang lebih sehat. Oleh karena itu, Gelora.id hadir sebagai solusi agar olahraga yang disenangi oleh orang-orang kebanyakan ini bisa lebih mudah diakses,” ujar Dibyanta Satari selaku CEO dan Co-founder, Gelora.id.

Untuk menggunakan layanan di Gelora.id, tahapan yang harus dilalui pengguna boleh dibilang cukuplah mudah. Tahap awal, calon pengguna bisa mengunjungi situs www.gelora.id  dan melakukan registrasi serta memverifikasi akun. Setelah itu, pengguna yang sudah melakukan pendaftaran bisa masuk dan memilih layanan olahraga yang tersedia, seperti mem-booking (memesan) lapangan misalnya.

“Selain bisa booking lapangan olahraga secara langsung, keunggulan kita adalah pengguna bisa mengikuti atau join dengan jadwal komunitas olahraga yang sudah tersedia dan nantinya bisa main bareng dengan mereka. Selain itu, terkadang di beberapa lokasi kita kasih harga lebih murah dibandingkan pesan langsung ke pemilik lapangan,” jelas pria yang akrab disapa Diby.

Selain keunggulan yang dijelaskan sebelumnya, sebetulnya ada keunggulan menarik lain yang dimiliki Gelora.id. Seperti Corporate Program misalnya. Lewat program ini, memungkinkan sebuah perusahaan untuk bertanding dengan perusahaan lain lewat proses matchmaking yang diatur oleh Gelora.id.

Berbicara mengenai metode pembayaran, Diby menjelaskan bahwa Gelora.id menghadirkan beberapa metode pembayaran yang memudahkan penggunanya. Saat ini, metode yang tersedia yaitu via transfer bank dan dompet digital GoPay.

“Setelah melakukan pembayaran, pengguna bisa langsung datang ke lokasi olahraga sesuai dengan jadwal yang dipesan. Di lokasi, nantinya akan ada perwakilan dari Gelora.id yang akan membantu pengguna,” ujar Diby.

Baca Juga: Modal Rakyat: Majukan UMKM dengan Mempermudah Akses Pembiayaan

Sistem Profit Sharing

Dalam menghadirkan layanannya, kerja sama dengan mitra yakni para pemilik lapangan olahraga merupakan salah satu hal penting bagi startup yang masih memiliki jangkauan operasi di wilayah Jabodetabek ini.

Tercatat, sampai dengan akhir 2019 lalu sudah terdapat lebih dari 100 mitra. Beberapa mitra tersebut seperti Gelora Bung Karno (GBK) Arena Senayan, F7 Mini Soccer Simatupang, Buls Arena Panglima Polim, Club 25 Kemang, Cilandak Tennis, dan lainnya.

Terkait mitra, Diby mengungkapkan bahwa Gelora.id menerapkan model bisnis dengan berdasarkan sistem profit sharing (bagi hasil). Jadi, setiap kali ada lapangan olahraga milik mitra yang di-booking melalui Gelora.id, mitra tersebut akan mendapatkan penghasilan. Untuk persentase bagi hasilnya, Diby enggan untuk mengungkapkan berapa jumlah angkanya. 

Dalam menerapkan sistem profit sharing ini, diakui Diby ada tantangan tersendiri yang dihadapi ia beserta timnya. “Karena model bisnis yang kita tawarkan itu masih relatif baru, jadi kita butuh waktu dan bisa lebih efisien lagi dalam meyakinkan mitra untuk bekerjasama dengan kita. Meski ini menjadi salah satu tantangan kita, tapi semakin hari kita semakin dipercayai dengan mitra-mitra,” papar Diby.

“Visi utama kami ingin membantu lebih dari satu juta orang untuk mengakses olahraga supaya mempunyai gaya hidup atau lifestyle yang lebih sehat” Dibyanta Satari, CEO dan Co-founder Gelora.id.

Lebih lanjut, meski belum genap satu tahun beroperasi, pertumbuhan pengguna Gelora.id ternyata mengalami kenaikan yang cukup signifikan di setiap bulannya. “Sekarang itu sudah ada lebih dari 7.000 pengguna, itu kenaikan perbulannya di sekitar angka 20-30%,” cetus Diby.

Jika berdasarkan demografi, data internal Gelora.id mengungkapkan bahwa rata-rata usia pengguna merupakan dewasa produktif yang berusia antara 18 hingga 40 tahun. Sedangkan untuk olahraga yang paling banyak diminati adalah sepak bola, yang di mana angkanya menyentuh 80% dari total pengguna.

Baca Juga: Qoala: Andalkan Teknologi untuk Permudah Proses Klaim Asuransi

Kolaborasi dengan GoTix

Untuk membantu mengembangkan bisnisnya, saat ini Gelora.id telah menjalin kerja sama dengan GoTix, ticketing channel yang merupakan bagian dari LOKET. Kerja sama ini menghadirkan voucher khusus yakni Gelora+ yang dilengkapi dengan beragam keunggulan dan penawaran menarik.

“Dari kerja sama ini, sebetulnya Gotix sebagai channel distribusi untuk voucher kita yang di mana kalo pengguna beli voucher Gelora+ sebetulnya olahraganya bisa lebih hemat dibandingkan memesan langsung di situs Gelora.id,” tutur Diby. Untuk mendapatkan voucher ini, penggiat olahraga bisa membelinya melalui Gotix yang tersedia di aplikasi Gojek atau melalui situs go-tix.id.

Di akhir diskusi, ketika ditanya mengenai target jangka pendek dan panjang, Diby mengungkapkan bahwa untuk target jangka pendek Gelora.id adalah menambah jumlah mitra dan pengguna. “Sedangkan untuk jangka panjang, targetnya Gelora.id dapat menjadi top of mind ketika orang berpikiran untuk hidup lebih sehat dan mau hidup lebih sehat dari berolahraga. Dan juga, kita ingin produk kita itu paling mudah digunakan oleh para pengguna dan mitra kita,” pungkas Diby.

Baca Juga: Ubiklan: Layanan Iklan Luar Ruang yang Manfaatkan Kendaraan dan Orang