Find Us On Social Media :

Arman Hazairin: Akrab dengan Perubahan

By Liana Threestayanti, Selasa, 24 April 2018 | 20:04 WIB

Arman Hazairin (Chief Technology Officer TCash)

Bukan tanpa sebab jika Arman Hazairin (Chief Technology Officer TCash) melihat kemiripan antara dirinya dengan Don Corleone, tokoh sentral dalam film The Godfather. Seperti Corleone yang sebenarnya orang baik dan ingin menarik diri dari bisnis mafia, Arman sebenarnya sudah merasa cukup bergulat di industri telekomunikasi.

Namun setiap kali ia berniat keluar, ada saja yang membuatnya kembali. Bahkan ada satu kalimat Don Corleone yang diingat betul oleh Arman, ‘everytime I want to get out, they pull me back again’.

“Nah ini mirip dengan saya!” ujar Arman seraya tertawa.

Setiap kali ia berniat mencicipi bidang lain, di saat itu pula ada tugas baru menanti. Namun Arman mengaku beruntung karena dari setiap penugasan itu, ada saja output transformatif yang ia inisiasi.

Misalnya di tahun 2007, ketika minta dipindahkan dari divisi teknologi Telkomsel karena sudah satu dekade ia berada di sana, Arman malah diberi tugas menangani customer lifecycle management.

“Salah satu output yang saya formulasikan adalah klasterisasi area sales Telkomsel, yang sampai sekarang masih dipakai” jelas Sarjana Elektro lulusan Institut Teknologi Bandung ini.

Sebelumnya, tahun 2000, ketika Telkomsel melakukan transformasi pertama kali, Arman ditugaskan menjadi salah satu Head of Strategic Initiative Enabling Infrastructure. Selama dua tahun, ia memimpin timnya mentransformasi sistem TI Telkomsel. Dan salah satu hasil yang patut dibanggakan oleh timnya adalah billing system customer care dan masterplan TI Telkomsel.

Dalam penugasan di PT Infomedia Nusantara, selaku Contact Center & Outsourcing Services, ayah dua anak ini diminta menjalankan bisnis yang agak berbeda, yakni call center. Namun tetap saja transformasi yang diinisiasi Arman tak jauh-jauh dari teknologi. “Saya mendigitalkan bisnisnya Infomedia,” ceritanya.

Cukup di Ponsel

Rasanya tak salah jika kemudian manajemen PT Telekomunikasi Seluler sejak tahun lalu menempatkan Arman Hazairin sebagai Chief Technology Officer di unit bisnis TCash. Dengan ambisi menjadi alat pembayaran mobile nomor satu di Indonesia, TCash memiliki banyak tantangan.

Yang utama adalah memperkuat basis pelanggan sekaligus menjadikan layanannya sebagai preferensi utama konsumen ketika melakukan pembayaran. Tentunya, dengan menggunakan teknologi sebagai tulang punggungnya.

Untuk menjadikan TCash sebagai pilihan utama untuk melakukan pembayaran, menurut Arman, tak ada cara selain membiasakan konsumen menggunakan uang elektrik berbasis aplikasi tersebut.