Find Us On Social Media :

Strategi Operator Seluler Antisipasi Lonjakan Trafik Selama PSBB

By Adam Rizal, Minggu, 12 April 2020 | 15:30 WIB

Ilustrasi Menara BTS

Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mulai berlaku hari ini di seluruh kawasan Ibu kota. Kebijakan itu akan berlangsung hingga 23 April.

Dengan berlakunya PSBB, pergerakan masyarakat di beberapa sektor dan di ruang publik dibatasi sedemikian rupa selama 14 hari ke depan, untuk meminimalisir penyebaran wabah Covid-19.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) pun meminta agar semua operator telekomunikasi melakukan sejumlah persiapan, sebab aturan PSBB lebih ketat mengatur kerumunan orang, dibandingkan kebijakan bekerja dan belajar dari rumah.

"Menghadapi PSBB, kami meminta semua operator telekomunikasi bersiap menghadapi kemungkinan lonjakan traffic yang tidak seperti biasanya," ujar Dirjen PPI Kemenkominfo, Ahmad M. Ramli dalam pesan instan.

Menurut Ramli, seluruh operator seluler yang beroperasi di Indonesia menyatakan bahwa mereka siap untuk menghadapi lonjakan trafik ketika PSBB berlangsung, serta turut menjaga Quality of Service (QoS) dan Quality of Experience (QoE) jaringan telekomunikasinya.

Selengkapnya, berikut kesiapan operator seluler Telkomsel, XL Axiata, Indosat Ooredoo, Tri, hingga Smartfren dalam menghadapi PSBB di DKI Jakarta dan menyusul sejumlah wilayah lain pekan depan.

Telkomsel

Operator pelat merah Telkomsel memprediksi bahwa bakal ada kenaikan trafik data (payload) pada masa PSBB. Meski angkanya belum pasti, Telkomsel mengklaim jaringannya siap untuk menerima lonjakan trafik tersebut.

"Menjelang PSBB, bandwidth Telkomsel aman, payload (saat PSBB) sudah pasti naik," ujar General Manager External Corporate Communications Telkomsel, Aldin Hasyim.

Aldin juga mengatakan bahwa Telkomsel memastikan terus mendukung pemerintah untuk menyediakan layanan telekomunikasi berkualitas untuk masyarakat, termasuk mengoptimasi Base Transceiver Station (BTS) dan beragam perangkat telekomunikasi lainnya.

XL Axiata

General Manager Corporate Communication at PT. XL Axiata, Tri Wahyuningsih mengatakan bahwa pihaknya terus mengoptimasi jaringannya secara kontinyu untuk memastikan pelanggan bisa menikmati layanan telekomunikasi XL dengan nyaman, terlebih di tengah wabah Covid-19.