Find Us On Social Media :

McAfee: 3 Langkah Memastikan Kelangsungan Bisnis di Masa New Normal

By Rafki Fachrizal, Selasa, 23 Juni 2020 | 19:54 WIB

Ilustrasi Karyawan di Perusahaan

Sejak 8 Juni 2020 lalu, Pemprov DKI Jakarta sudah mulai memberi kelonggaran terhadap aturan PSBB.

Namun, kini masih banyak perusahaan dan para pekerja yang masih memilih menerapkan bekerja dari rumah atau WFH (Work from Home).

Seiring dengan hal itu, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam menjalankan WFH. Cybersecurity (keamanan siber) adalah salah satunya.

Praktik WFH dapat dimanfaatkan oleh para peretas untuk mencuri data, karena mereka secara konsisten selalu mencari cara untuk mengambil keuntungan dari interkonektivitas perangkat pengguna.

Terkait dengan WFH, dalam studi McAfee berjudul Cloud Adoption & Risk Report – Work-from-Home Edition, ditemukan adanya peningkatan 50% dalam penggunaan cloud computing (komputasi awan) di seluruh dunia.

Angka peningkatan tersebut bersamaan dengan peningkatan dua kali lipat di lalu lintas cloud computing dari perangkat yang tidak dikelola oleh perusahaan, sehingga rentan terhadap potensi kehilangan data.

Yang lebih mengkhawatirkan lagi adalah ancaman cloud computing dari aktor eksternal meningkat 630% yang sebagian besar menargetkan layanan platform seperti Microsoft 365.

Bagi perusahaan besar yang telah memiliki investasi cybersecurity, mungkin hal ini tidak menjadi ancaman substansial.

Namun bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia yang belum berinvestasi secara memadai dalam proses transformasi digital, ini menjadi suatu kekhawatiran tersendiri dalam menjamin keberlangsungan bisnis mereka.

Baca Juga: Pandemi Mengubah Pola Belanja Konsumen e-Commerce pada Ramadan Lalu

Sebelum Covid-19, Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) telah membantu mempercepat proses transformasi digital dengan terus meningkatkan infrastruktur jaringan dan satelit untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Tetapi investasi ini nyatanya masih belum bisa membantu bisnis yang belum menjalankan transformasi digital.