Find Us On Social Media :

Menuju New Normal, Inilah Tantangan dan Peluang TI Setelah Pandemi

By Fathia Yasmine, Rabu, 24 Juni 2020 | 16:04 WIB

Ilustrasi suasana kantor setelah pandemi

Pandemi Covid-19 memberikan dampak cukup besar terhadap kehidupan sekaligus perekonomian masyarakat. Imbauan pemerintah untuk melaksanakan kegiatan bekerja dari rumah mengubah pengelolaan dan kinerja perusahaan.

Kegiatan bekerja dari rumah perlahan menjadi tren baru. Pun dalam fase new normal saat ini, masih ada pegawai yang bekerja di rumah dan sisanya bekerja di kantor menggunakan sistem shift.

Menghadapi ini, perusahaan terutama bidang TI harus mulai terbiasa bekerja off-site, walaupun tak bisa dipungkiri bahwa hal ini memiliki kendala tersendiri, terutama pada jaringan dan infrastruktur sistem.

Meski pandemi belum berakhir, persiapan untuk menghadapi kenormalan baru harus diterapkan sejak dini. Salah satunya yaitu sektor TI sebagai penyedia infrastruktur. Situasi ini mengharuskan para pemegang keputusan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang ada, mulai dari pengguna hingga keamanan data.

Baca Juga: Contoh Penerapan Blockchain untuk Cegah Fraud di Industri Pangan

Lalu, apa saja tantangan dan peluang yang mungkin terjadi pada TI setelah pandemi? Serta apa sajakah yang perlu dipersiapkan?

Kesiapan manusia

Pandemi mengubah perpektif dan pola kerja masyarakat dalam ruang lingkup yang luas. Bila pemeliharaan sistem dan infrastruktur dulu dilakukan secara on-site, kini pola kerja tersebut tidak selalu bisa diterapkan. Akibatnya, kesiapan manusia dalam menghadapi perubahan inilah yang menjadi tantangan dalam bidang TI.

IT Operations & Infrastructure, Security & Service Delivery Management Head, BTPN Setiasmo Samami, bahkan menetapkan kesiapan manusia sebagai tantangan pertama.

“Karena pada akhirnya yang akan diatur adalah orang,” kata Setiasmo.

Kesiapan manusia di antaranya mencakup pemberian edukasi bagi pengguna baru maupun mempersiapkan para tenaga IT untuk menambal dan mengubah infrastruktur di dalamnya.

Baca Juga: Tak Lagi Pakai Intel, Kini Apple Gunakan Chip Silicon Berbasis ARM