Find Us On Social Media :

Dukung UMKM, Instagram Bagikan Cara Praktis Kembangkan Bisnis

By Liana Threestayanti, Rabu, 8 Juli 2020 | 20:30 WIB

Instagram

Mendukung pelaku UMKM, Instagram membagikan tips praktis seputar persiapan strategi bisnis untuk menghadapi era New Normal.

Tips tersebut dirangkum dari bincang-bincang bisnis Instagram LIVE Akademi Instagram bersama  Pieter Lydian, Country Director untuk The Facebook Company di Indonesia dan beberapa figur publik yang sukses berbisnis di Instagram, seperti Dimas Beck, Zaskia Adya Mecca, dan Luna Maya.

Begini pelaku UMKM dapat memanfaatkan platform digital Instagram untuk meningkatkan bisnisnya.

1.Bangun eksistensi bisnis, lakukan analisis

Langkah pertama yang dapat dilakukan para pelaku UMKM yang baru ingin membangun eksistensi bisnis mereka di Instagram adalah mengubah profil Instagram mereka menjadi profil bisnis.

Dengan menggunakan Profil Bisnis, para pelaku UMKM dapat memperoleh Insights secara real time tentang kinerja Stories dan postingan Feed, karakteristik para followers dan bagaimana mereka berinteraksi dengan postingan, menambahkan tombol Aksi, seperti mengirim pesan, telepon, email, dan lain-lain,s melakukan promosi atau beriklan. Para pelaku UMKM dapat membuat profil Bisnis di Instagram secara gratis dengan mengikuti langkah-langkah ini

CEO dan pemilik bisnis @lunahabit, @namabeauty.co dan @macama.id, Luna Maya menyarankan para pelaku bisnis untuk menganalisis interaksi konsumen, performa penjualan, dan karakteristikk konsumenm secara berkala. Analisis bisnis ini akan sangat membantu para pelaku bisnis dalam menyusun strategi pemasaran yang efektif.

2.Tonjolkan karakter utama bisnis

Menurut data Instagram, 2 dari 3 pengunjung Profil Bisnis di Instagram bukan followers. Itulah mengapa Feed profil bisnis Anda harus bisa menjadi etalase online saat orang melihat bisnis Anda. Pelaku UMKM perlu membuat nama bisnis yang menarik, menulis informasi seputar bisnis yang lengkap pada bagian bio, dan selalu fokus pada 6 foto teratas Feed. Ketiga hal tersebut akan membantu orang mengenali karakteristik bisnis Anda secara mudah saat mereka mengunjungi profil bisnis Instagram Anda.

3.Manfaatkan berbagai fitur yang tersedia secara gratis bagi para pelaku UMKM

Para pelaku UMKM dapat memaksimalkan fitur bisnis Instagram untuk membangun eksistensi bisnis, menjaga interaksi, bahkan mendorong terjadinya penjualan. Beberapa tips penggunaan fitur-fitur ini, antara lain:

 4.Jaga interaksi dengan konsumen