Mendukung pelaku UMKM, Instagram membagikan tips praktis seputar persiapan strategi bisnis untuk menghadapi era New Normal.
Tips tersebut dirangkum dari bincang-bincang bisnis Instagram LIVE Akademi Instagram bersama Pieter Lydian, Country Director untuk The Facebook Company di Indonesia dan beberapa figur publik yang sukses berbisnis di Instagram, seperti Dimas Beck, Zaskia Adya Mecca, dan Luna Maya.
Begini pelaku UMKM dapat memanfaatkan platform digital Instagram untuk meningkatkan bisnisnya.
1.Bangun eksistensi bisnis, lakukan analisis
Langkah pertama yang dapat dilakukan para pelaku UMKM yang baru ingin membangun eksistensi bisnis mereka di Instagram adalah mengubah profil Instagram mereka menjadi profil bisnis.
Dengan menggunakan Profil Bisnis, para pelaku UMKM dapat memperoleh Insights secara real time tentang kinerja Stories dan postingan Feed, karakteristik para followers dan bagaimana mereka berinteraksi dengan postingan, menambahkan tombol Aksi, seperti mengirim pesan, telepon, email, dan lain-lain,s melakukan promosi atau beriklan. Para pelaku UMKM dapat membuat profil Bisnis di Instagram secara gratis dengan mengikuti langkah-langkah ini.
CEO dan pemilik bisnis @lunahabit, @namabeauty.co dan @macama.id, Luna Maya menyarankan para pelaku bisnis untuk menganalisis interaksi konsumen, performa penjualan, dan karakteristikk konsumenm secara berkala. Analisis bisnis ini akan sangat membantu para pelaku bisnis dalam menyusun strategi pemasaran yang efektif.
2.Tonjolkan karakter utama bisnis
Menurut data Instagram, 2 dari 3 pengunjung Profil Bisnis di Instagram bukan followers. Itulah mengapa Feed profil bisnis Anda harus bisa menjadi etalase online saat orang melihat bisnis Anda. Pelaku UMKM perlu membuat nama bisnis yang menarik, menulis informasi seputar bisnis yang lengkap pada bagian bio, dan selalu fokus pada 6 foto teratas Feed. Ketiga hal tersebut akan membantu orang mengenali karakteristik bisnis Anda secara mudah saat mereka mengunjungi profil bisnis Instagram Anda.
3.Manfaatkan berbagai fitur yang tersedia secara gratis bagi para pelaku UMKM
Para pelaku UMKM dapat memaksimalkan fitur bisnis Instagram untuk membangun eksistensi bisnis, menjaga interaksi, bahkan mendorong terjadinya penjualan. Beberapa tips penggunaan fitur-fitur ini, antara lain:
- Manfaatkan IG LIVE untuk terhubung dengan para calon pelanggan. IG LIVE dapat diisi dengan tanya jawab dengan penonton, berbagi inspirasi, atau "IG LIVE with" dengan mengajak seorang pembicara tamu untuk saling berbagi cerita. Pemilik bisnis fashion muslim @meccanismindonesia, @biabyzaskiamecca, dan @zaskiamecca_id, Zaskia Adya Mecca, menambahkan bahwa IG LIVE juga bisa membantu bisnis untuk mengadakan online bazaar interaktif.
- GunakanI IGTV untuk berbagi konten yang lebih panjang, seperti tips mix-match fashion, tutorial make up, kreasi masakan, dan topik-topik diskusi lainnya.
- Bagikaninformasi penting seputar perubahan operasional bisnis dan kebijakan prosedur ‘new normal’ yang diterapkan di toko offline melalui Feed.
- Bagikan cerita mengenai bisnis hingga proses behind-the-scenes produk-produk Anda melalui Stories untuk tetap terhubung dengan para pengguna serta memberikan ketenangan bagi pelanggan atas komitmen Anda menjaga bisnis tetap higienis dan aman selama COVID-19. Instagram juga memiliki beberapa fitur di Stories yang bisa digunakan untuk membangun interaksi yang interaktif, seperti: Stiker Pesanan Makanan, Stiker Gift Card, dan Stiker Dukung Bisnis Kecil.
- Gunakan tagar yang sesuai untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Ada 10 hashtag dengan tingkat pertumbuhan tertinggi di Indonesia dalam masa PSBB transisi ini: #fashion, #hijab, #bajumurah, #newnormal, #gamis, #onlineshop, #gamissyari, #hijabers, #hijabstyle, dan #dress.
4.Jaga interaksi dengan konsumen
Dengan terbatasnya aktivitas di toko offline, interaksi online menjadi opsi utama yang digunakan para konsumen untuk mencari tahu lebih lanjut seputar suatu produk dan ketersediaan produk sebelum mereka melakukan pembelian. Pelaku UMKM disarankan untuk memanfaatkan secara aktif kolom komentar dan Direct Message untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan calon konsumen. Selain itu, interaksi dengan calon pelanggan dapat dibangun melalui fitur-fitur kreatif di Stories, seperti polling, stiker pertanyaan, stiker kuis, dan sebagainya.
5.Perkaya ilmu dan ikuti tren yang ada
Sebagai pelaku bisnis, adaptasi menjadi langkah utama yang harus diambil seiring denganbadanya tanggung jawab untuk mendukung para karyawan, baik dari sisi finansial dan mental, serta memastikan roda bisnis tetap berjalan.
Dimas Beck, pemilik @umaracatering, @laukitaindonesia, dan @lumpang_emas menambahkan bahwa para pelaku bisnis juga harus terus berupaya mencari formula yang tepat dalam merancang strategi bisnis sesuai dengan situasi terkini. Mereka dituntut untuk dapat mengambil keputusan yang cepat di tengah perubahan industri bisnis yang cukup dinamis saat ini.
Para pelaku UMKM dapat mengakses materi rangkaian IG Live Akademi instagram secara gratis melalui IGTV @pieterlydian dan @kreavi (mitra kreatif Akademi Instagram).