Find Us On Social Media :

ManageEngine: ITSM Tetap Efektif dalam Lingkungan Kerja Jarak Jauh

By Liana Threestayanti, Senin, 20 Juli 2020 | 15:35 WIB

Tujuh puluh dua persen profesional TI setuju bahwa ITSM tetap efektif di lingkungan kerja jarak jauh. Hal ini terungkap dalam survei yang dilakukan oleh ManageEngine.

Dalam situasi di mana para karyawan bekerja secara tersebar, bagaimana peran manajemen layanan TI (ITSM)?

Tujuh puluh dua persen profesional TI setuju bahwa ITSM tetap efektif di lingkungan kerja jarak jauh. Hal ini terungkap dalam survei yang dilakukan oleh ManageEngine.       

Hasil survei berjudul "The State of ITSM in the COVID-19 Pandemic" diumumkan oleh ManageEngine hari ini. Diikuti oleh lebih dari 500 profesional TI global sebagai responden, survei ini menyoroti akibat dan tantangan yang disebabkan pandemi COVID-19 bagi tim-tim layanan TI.

Ada lima aspek Information Technology Service Management (ITSM) yang menjadi fokus pada survei ini, yaitu pengaruh terhadap karyawan yang bekerja jarak jauh; implikasi pengelolaan finansial dan asset; isu keamanan dan tata kelola; layanan pihak ketiga dan bantuan teknologi; serta tingkat keberhasilan keberlangsungan bisnis.

Survei ini mengungkap beberapa temuan terkait adaptasi lingkungan kerja jarak jauh yang penting diketahui perusahaan.

ManageEngine merupakakan divisi pengelolaan TI enterprise dari Zoho Corporation dan pengembang ServiceDesk Plus, suite ITSM flagship yang digunakan lebih dari 100.000 service desk di seluruh dunia,.

Adopsi Ini Permudah ITSM Jarak Jauh 

Seiring dengan mulainya karyawan bekerja di luar perimeter perusahaan, data dan alat-alat yang ada di jaringan menjadi tidak bisa dijangkau. Karena itu, mayoritas (78%) professional TI mengatasi rintangan ini dengan bertransisi ke layanan-layanan cloud.

Tim-tim TI global telah mengadopsi alat-alat dan aplikasi-aplikasi baru untuk mengakomodasi kebutuhan tenaga kerja yang bekerja secara tersebar. Hal ini berujung pada meningkatnya kebutuhan untuk memperbarui artikel pengetahuan dan dokumentasi pengguna untuk mengaplikasikan berbagai teknologi baru.

Sayangnya, dalam situasi sekarang yang penuh tekanan baru bagi service desk, cukup banyak perusahaan tidak memiliki teknologi layanan sendiri (28%) dan agen virtual (24%) untuk mengimbangi beban kerja tambahan. Bukti-bukti dari survei ini menunjukkan korelasi tinggi keberhasilan ITSM jarak jauh di berbagai perusahaan yang menggunakannya, sehingga sangat layak untuk berinvestasi dalamnya.

Temuan-temuan penting lainnya menunjukkan terus adanya keprihatinan keamanan, dan harapan akan pengenalan lebih tinggi untuk upaya-upaya TI.

Inilah hasil survei berdasarkan lima aspek ITSM: