Find Us On Social Media :

InMobi Beberkan Strategi Para Marketer Asia Tenggara di Era New Normal

By Liana Threestayanti, Jumat, 4 September 2020 | 16:45 WIB

Ilustrasi pemasaran digital/digital marketing.

Inilah gambaran kesiapan para marketer di  Asia Tenggara memasuki era New Normal berdasarkan survei InMobi.

Memasuki era New Normal, para pemasar saat ini harus mengevaluasi kembali prioritas dan strategi mereka untuk tidak hanya bertahan tetapi juga berkembang di dunia pasca-COVID. Inilah gambaran kesiapan para marketer berdasarkan survei InMobi. 

Perubahan apa yang dibawanya ke dalam normal baru dalam strategi pemasaran? Bagaimana para marketer tetap berada di puncak permainan mereka melalui masa transisi ini? Survei yang diselenggarakan oleh InMobi terhadap para pemimpin pemasaran digital teratas dari Asia Tenggara dan India menghadirkan fakta menarik dalam marketing di era New Normal.

Digital Marketing Maturity (DMM) adalah  Kunci 

Dengan perubahan pola perilaku masyarakat dalam membelanjakan uang, digital menjadi hak prerogatif bagi brand untuk berinteraksi dengan konsumen baru. Para marketer pun perlu meninjau ulang prioritas dalam mengukur tujuan pemasarannya agar tetap terhubung dengan konsumen.

BCG menyatakan bahwa DMM adalah kapasitas organisasi dalam memberikan pengalaman bagi brand untuk kedewasaan strategi marketing-nya. DMM terbagi atas empat tahap, yaitu Nascent, Emerging, Connected, dan Multi-moment.

Menurut survei yang dilakukan oleh InMobi, hampir setengah dari pemasar mengkategorikan dirinya berada di Nascent atau Emerging Stage. Dengan fakta ini, tersisa ruang yang besar untuk pertumbuhan organisasi. Situasi ini telah terjadi di sektor e-commerce dan industri BFSI (Banking, Financial Services and Insurance) yang telah memimpin DMM. Kedua sektor tersebut telah berada di posisi Connected dan Multi-moment.

Dengan kondisi kematangan pemasaran digital yang demikian, InMobi menyarankan beberapa tujuan marketers yang perlu diketahui di era New Normal:

  1. Mendapatkan pelanggan baru
  2. Memperkuat brand reputation dan trust
  3. Meningkatkan brand awareness
  4. Engage dengan komunitas yang telah ada

Saat tingkat kematangan pemasaran digital berkembang, strategi marketers yang disalurkan melalui channel digital akan bergeser dari aspiration menjadi tindakan yang dapat ditindaklanjuti. Saat marketers bergerak menuju tahap akhir, yang dapat ditindaklanjuti mereka telah siap untuk mengukur ROI.

Evolusi Strategi dan Perkembangan DMM

Mendapatkan pelanggan baru di saat terus meningkatkan engagement dengan pelanggan yang sudah ada telah menjadi tantangan tersendiri di wilayah Asia Pasifik. 

InMobi menyarankan para marketer berinvestasi dalam strategi berikut jika mereka ingin mendorong hasil yang dapat diukur ke depannya: