Find Us On Social Media :

Ramesh Gururaja: Memahami Kebutuhan Konsumen adalah Kunci Menciptakan Inovasi Produk Teknologi

By Rafki Fachrizal, Rabu, 23 September 2020 | 19:00 WIB

Ramesh Gururaja (SVP of Product Tokopedia)

Menjaga kualitas produk dengan terus menghadirkan inovasi merupakan hal penting bagi setiap perusahaan di bidang apapun, termasuk bidang teknologi. Pasalnya, kualitas produk merupakan faktor penting yang menentukan kesuksesan bisnis dari perusahaan.

Di bidang teknologi sendiri, terdapat beberapa profesi yang bertugas untuk menjaga kualitas dari produk seperti platform atau aplikasi yang dikembangkan oleh sebuah perusahaan.

Seperti profesi yang dimiliki oleh Ramesh Gururaja misalnya. Pria asal India ini berprofesi sebagai SVP of Product di perusahaan e-commerce Indonesia yaitu Tokopedia.

Sebelum hijrah ke Indonesia dan bergabung dengan Tokopedia, Ramesh sendiri mengungkapkan telah memiliki pengalaman bekerja belasan tahun di sejumlah perusahaan teknologi terkemuka, seperti Microsoft dan Amazon.

“Peluang industri teknologi di Indonesia masih sangat besar. Perkembangan teknologi yang semakin pesat berbanding lurus dengan kebutuhan talenta digital yang semakin tinggi. Hal ini mendorong saya meneruskan perjalanan karir di perusahaan teknologi Indonesia, Tokopedia. Saya ingin mengembangkan talenta digital yang bisa memberikan nilai tambah agar Indonesia dapat bersaing di pasar digital,” jelas Ramesh.

Terkait dengan profesinya yang ia jalani saat ini, Ramesh mengungkapkan bahwa menjadi seorang yang berprofesi sepertinya harus memiliki kemampuan dalam memahami kebutuhan konsumen di era digital, lantaran hal itu menjadi salah satu kunci perusahaan untuk menciptakan inovasi produk yang bermanfaat di masa depan.

“Terlepas dari strategi apapun yang dilakukan, yang terpenting adalah apakah pengguna mendapatkan manfaat dari produk yang dihadirkan oleh perusahaan,” ujar Ramesh.

Baca Juga: Erika Hutapea: Seorang Data Analyst Adalah Seorang Konsultan

TIm Product di Tokopedia

Lebih lanjut, di Tokopedia sendiri Ramesh berperan untuk membimbing dan berkolaborasi bersama sekitar 300 Nakama (sebutan karyawan Tokopedia) di Tim Product untuk menciptakan inovasi yang bermanfaat bagi seluruh pengguna (penjual dan pembeli) Tokopedia.

Dari sisi penjual, ia dan tim terus menelurkan inovasi-inovasi tools baru yang dapat membantu para penjual memulai bisnis secara online, membantu penjual bertransisi dari offline ke online, menawarkan berbagai fitur praktis agar penjual dapat menjalankan bisnis dengan efisien dan memberikan berbagai rekomendasi untukmengembangkan bisnis.

“Kami menawarkan berbagai strategi dalam menentukan harga agar penjual tidak tergeser di pasar karena harga yang tidak tepat, memberikan rekomendasi mengenai persediaan produk apa dan di mana yang perlu dilakukan, serta kemampuan menceritakan dan mempromosikan penawaran dan brand para penjual sesuai dengan kebutuhan pelanggan,” papar Ramesh.

Bahkan di tengah pandemi saat ini, Ramesh bersama tim telah menghadirkan pengalaman onboarding sederhana, serta menghadirkan platform khusus, sehingga memungkinkan setiap masyarakat Indonesia untuk dapat memulai bisnis online dengan lebih mudah.