Find Us On Social Media :

Review Acer Aspire 5 (A514-52G-799Y): Cocok untuk Berbagai Aktivitas

By Dayu Akbar, Kamis, 24 September 2020 | 18:45 WIB

Acer Aspire 5 (A514-52G-799Y)

Acer kembali menghadirkan salah satu SKU dari seri Aspire 5-nya yang kali ini dipersenjatai dengan prosesor Intel Core Generasi ke-10 dengan codename Comet Lake. Laptop yang punya seri lengkap Aspire 5 A514-52G-799Y ini dilengkapi pula dengan kartu grafis tambahan NVIDIA GeForce MX250, memori utama 8 GB DDR4-3200, serta kombinasi media simpan berupa SSD 128 GB dan HDD 1TB. Perlu kami sampaikan SKU dari unit yang diuji secara rinci karena SKU dari Aspire 5 cukup beragam dan memiliki spesifikasi yang berbeda.

Sebagai laptop yang mengusung portabilitas, Acer Aspire 5 yang kami uji memiliki dimensi yang tergolong lebar dan besar. Banyak laptop untuk portabilitas masa kini yang mulai memangkas dimensi sehingga lebih ramping. Begitu pula dengan bobot yang lebih ringan. Meski lebar, laptop ini masih terbilang tipis dengan ketebalan 1,79 cm. Sementara, untuk bobot, SKU yang kami uji memiliki sekitar 1,7 kg.

Hadir dengan satu pilihan warna yaitu biru, kover atasnya menggunakan material aluminium yang memiliki lapisan kesat dan tidak mudah kotor oleh sidik jari maupun tangan.

Laptop ini hadir dengan desain polos berwarna biru. Menarik bagi yang tidak suka desain dengan motif yang bermacam-macam. Kover atasnya menggunakan material aluminium dengan lapisan kesat. Hal itu membuatnya tidak mudah kotor saat dipegang. Bagian dalamnya juga memiliki warna biru, tetapi lebih gelap. Yang menarik, engselnya cukup fleksibel sehingga layar bisa ditekuk sampai 180°. Engselnya yang berukuran panjang terbilang kokoh yang membuat layar bisa dibuka hanya dengan satu tangan saja.

Layarnya berukuran 14 inci dengan resolusi 1.920 x 1.080 piksel. Dengan panel IPS, tampilannya cukup bagus dan memiliki sudut pandang yang lebar. Layar tersebut sudah cukup bagus untuk kebutuhan mulai dari melakukan pekerjaan di rumah sampai menjalankan multimedia. Desain bezel juga terbilang cukup baik; sisi kiri dan kanan cukup tipis, meski di sisi atas masih cukup tebal. Webcam-nya sendiri memiliki ukuran kecil.

Acer Aspire 5 yang diuji memiliki engsel berukuran panjang yang fleksibel karena bisa ditekuk sampai kemiringan 180°.