Find Us On Social Media :

Puput Hidayat: Ciptakan Inovasi Berbasis Teknologi demi Membantu UMKM

By Rafki Fachrizal, Kamis, 8 Oktober 2020 | 19:15 WIB

Puput Hidayat, Head of Product (Physical Goods) Tokopedia

Ketertarikan terhadap dunia teknologi yang muncul sejak menempuh pendidikan tinggi membuat Puput Hidayat (32) akhirnya memutuskan meniti karir di bidang digital ketika lulus.

Puput sendiri memiliki keyakinan bahwa pemanfaatan teknologi dapat membuat berbagai kemajuan. Seperti kemajuan para pegiat usaha, khususnya UMKM, dalam mengembangkan bisnisnya.

“Teknologi punya peran besar dalam membantu masyarakat sekaligus meningkatkan perekonomian Indonesia. Hal ini tentu harus didukung oleh kesiapan masyarakat dalam mengadopsi teknologi, salah satunya untuk menjalankan bisnis,” ungkap Puput. 

Pada Juni 2019, Puput bergabung dengan perusahaan Tokopedia dan kini memiliki posisi sebagai Head of Product (Physical Goods). Dengan posisi tersebut, Puput memimpin sekitar 15 Nakama (sebutan karyawan Tokopedia) di Tim Product Tokopedia.

“Tim saya terdiri dari 15 Product Manager. Tim yang saya pimpin menjadi suatu penggerak untuk pengembangan teknologi dan inovasi, juga sekaligus memfasilitasi pengguna kita baik dari sisi penjual maupun pembeli,” ucap Puput.

Salah satu contoh inovasi yang dihasilkan oleh Puput bersama timnya adalah inovasi pada toko penjual, di mana kini setiap penjual bisa mempersonalisasi tampilan toko agar lebih menarik.

“Penjual juga dapat menampilkan kampanye, produk unggulan, serta promo yang sedang berlangsung di tokonya. Sementara dari sisi produk, penjual bisa menambahkan atau menyunting produk yang diunggah pada toko dengan lebih mudah,” jelas Puput.

Dalam menciptakan sebuah inovasi baru, Puput mengungkapkan bahwa tim yang ia pimpin juga turut berkolaborasi dengan tim lainnya.

“Termasuk di antaranya kita berkolaborasi dengan tim Product Design dan Tim Engineering dalam mengembangkan dan meluncurkan inovasi baru untuk penjual maupun pembeli di Tokopedia,” cetus Puput.

Baca Juga: Felix Yuwono: Seorang AI Trainer Harus Memahami Kebutuhan Konsumen

Tim Product di Tokopedia

Lebih lanjut, inovasi terkait program atau kampanye juga telah banyak dilakukan terutama di tengah pandemi demi membantu para penjual meningkatkan produktivitasnya.

Puput dan tim telah menghadirkan program seperti Kejar Diskon, Flash Sale, voucher diskon serta peluncuran produk khusus. Sedangkan kampanye, salah satunya adalah kampanye #JagaEkonomiIndonesia yang di mana fokusnya untuk membantu akselerasi adopsi digital para pelaku usaha lokal,