Find Us On Social Media :

Terbukti, Begini Cara Grab Jamin Keamanan Pengguna dan Mitra Driver

By Adam Rizal, Kamis, 19 November 2020 | 09:00 WIB

Grab

Salah perusahaan ternama di industri teknologi Grab selalu mengutamakan keamanan dan keselamatan pengguna ataupun mitra driver.

Grab pun memiliki tim integritas yang beranggotakan 300 karyawan untuk menangani masalah keamanan para pengguna dan mitra.

Tim itu terdiri dari data scientist, engineer, product manager, hingga desainer.

Head of Technology, Integrity Group, Transport, and Patents Office Grab, Wui Ngiap Foo mengatakan tugas dari tim ini adalah mengembangkan integritas, kepercayaan, dan solusi keamanan bagi pengguna.

"Tim ini tersebar di lima kantor yang ada di Singapura, Jakarta, Kuala Lumpur, Bangalore, dan Seattle. Misi kami adalah, kami tidak akan berhenti hingga pengguna benar-benar aman," kata Wui dalam pemaparannya kepada media melalui platform Zoom, Selasa (18/11/2020).

Grab berpatokan pada standar keselamatan milik otoritas transportasi darat di Singapura yaitu angka kecelakaan tidak boleh melebihi 0,02 persen per 100.000 Km jarak tempuh pengemudi.

"Saat ini Grab 2,3 kali lebih aman saat dipakai bepergian dibandingkan angkutan lainnya," ucapnya.

Ia mengakui, isu keamanan adalah hal yang sangat menantang mengingat jenis serangan terus berkembang. Untuk itu Grab menghadirkan inovasi keamanan bagi pengguna, mitra, hingga merchant.

Berikut adalah sejumlah teknologi yang diterapkan Grab untuk mengamankan keselamatan para pengggunanya.

1. Selfie untuk Driver

Selfie untuk driver ini dimaksudkan untuk menjaga keamanan para penumpang. "Ini untuk memastikan kami memiliki keamanan yang cukup sebelum memulai interaksi dengan penumpang, dimulai dari selfie untuk verifikasi," kata Wui.

Selfie untuk pengemudi pun bukan hanya saat pertama kali login, tetapi aplikasi kadang juga akan meminta driver untuk selfie di waktu random. Menurut Wui, hal ini dilakukan karena pihaknya tidak ingin ada mitra login lalu memberikan perangkat ke orang lain.