Find Us On Social Media :

Review Acer Nitro 5 (AN515-55-76SK): Kencang dan Relatif Terjangkau

By Dayu Akbar, Kamis, 31 Desember 2020 | 18:00 WIB

Acer Nitro 5.

Untuk lini laptop bermain gim dengan harga relatif terjangkau, Acer meluncurkan seri Nitro. Seri Nitro 5 merupakan salah satu seri lawas yang selalu mendapatkan pembaruan, sesuai dengan hadirnya prosesor yang lebih baru. Acer Nitro 5 yang kami uji kai ini, punya penamaan lengkap Acer Nitro 5 AN515-55-76SK.

Model ini dipersenjatai dengan prosesor Intel Core i7-10750H yang punya enam core dan dua belas thread dengan frekuensi kerja alias clock sampai 5,0 GHz. Prosesor dengan kode H sendiri merupakan prosesor yang menawarkan performa kencang. Sementara, untuk cip grafisnya menggunakan NVIDIA GeForce GTX 1650 Ti. Cip ini merupakan generasi yang lebih baru dibanding sebelumnya, NVIDIA GeForce GTX 1050 Ti.

Seperti diketahui, cip grafis arsitektur Turing seri GTX dari yang paling rendah sampai paling tinggi, yakni 1650, 1650 Ti, 1660, dan 1660 Ti, memang ditujukan untuk laptop bermain gim kelas terjangkau. Sementara, cip grafis arsitektur Turing seri RTX 2xxx yang dimulai dari RTX 2060 sampai RTX 2080 Super, diperuntukkan bagi laptop bermain gim dengan harga yang lebih tinggi.

Opsi upgrade yang ditawarkan Nitro 5 ini adalah satu slot DDR4, satu slot M.2 untuk SSD PCI Express maupun SATA, dan satu porta/slot SATA untuk HDD/SDD 2,5 inci.

Sebagai tandem, memori utama yang digunakan adalah DDR4-3200 dengan kapasitas 8 GB dan konfigurasi kanal tunggal. Menurut kami, tandem ini agak tanggung. Untungnya masih ada satu slot DDR4 kosong yang bisa Anda pasangkan satu keping lagi agar menadi kanal ganda. Dengan menggunakan prosesor yang sudah cukup kencang, kami merasa lebih sreg jika Anda menambahkan satu keping 8 GB agar menjadi 16 GB dengan konfigurasi kanal ganda. Namun, sepertinya pemilihan 8 GB lebih agar harga jual bisa lebih terjangkau yang bisa menjadi daya tarik tersendiri.

Laptop ini juga menyediakan pilihan untuk upgrade pada media simpan. Media simpan internal yang disertakan berupa SSD PCI Express dengan kapasitas 512 GB. Jika dirasa kurang, Acer masih menyediakan satu slot M.2 serta satu porta/slot SATA untuk HDD/SSD 2,5 inci.

Selain sisi kiri dan kanan, Acer juga menyediakan dua lubang pembuangan untuk sirkulasi udara panas dengan nuansa gim.