Selama situasi pandemi COVID-19, belanja online terus menjadi alternatif masyarakat untuk mengurangi risiko penyebaran virus di tempat ramai.
Platform marketplace Tokopedia pun mengumumkan berbagai temuan menarik berkaitan dengan perilaku belanja online masyarakat Indonesia di sepanjang 2020 lalu.
Nuraini Razak, VP of Corporate Communications Tokopedia, mengungkapkan, “Demi menghadapi pandemi dan sederet tantangannya, Tokopedia terus membantu masyarakat beradaptasi melalui sejumlah inisiatif hasil kolaborasi dengan para mitra strategis. Contohnya, #JagaEkonomiIndonesia, Waktu Indonesia Belanja (WIB) dan lainnya.”
“Melalui berbagai inisiatif yang dihadirkan, kami melihat antusiasme yang semakin luar biasa dari masyarakat dalam bertransaksi online, bahkan selama pandemi,” tambah Nuraini.
Baca Juga: Tawarkan 4 Keuntungan Ini, Transaksi Produk Asuransi Gadget di Tokopedia Naik 70 Kali Lipat
Lebih lanjut, berikut temuan-temuan menarik yang ditemukan oleh Tokopedia di platfromnya:
1. Jumlah Pesanan dan Produk Terbanyak Dibeli
Berdasarkan data internal, seorang pengguna Tokopedia diketahui telah berbelanja hingga 19.000 kali dan menjadikannya pengguna dengan jumlah pesanan terbanyak dibeli.
Di sisi lain, produk yang paling banyak dibeli dalam satu pesanan oleh pengguna adalah baterai (jam dan kalkulator), yakni sebanyak 32.500 buah.
2. Transaksi Paling Jauh dan Peningkatan Transaksi Antarpulau
Transaksi paling jauh di Tokopedia selama 2020 adalah dari Banda Aceh ke Merauke. Transaksi antarpulau pun meningkat lebih dari 2x lipat jika dibandingkan dengan 2019.
3. Total Jarak Kirim Paket
Selama 2020, jarak pengiriman paket pesanan para pengguna Tokopedia mencapai lebih dari 46 miliar kilometer.