Find Us On Social Media :

Tokopedia Ungkap Tren Belanja Online di Sepanjang Tahun 2020

By Rafki Fachrizal, Jumat, 8 Januari 2021 | 14:15 WIB

Ilustrasi Tokopedia

Selama situasi pandemi COVID-19, belanja online terus menjadi alternatif masyarakat untuk mengurangi risiko penyebaran virus di tempat ramai.

Platform marketplace Tokopedia pun mengumumkan berbagai temuan menarik berkaitan dengan perilaku belanja online masyarakat Indonesia di sepanjang 2020 lalu.

Nuraini Razak, VP of Corporate Communications Tokopedia, mengungkapkan, “Demi menghadapi pandemi dan sederet tantangannya, Tokopedia terus membantu masyarakat beradaptasi melalui sejumlah inisiatif hasil kolaborasi dengan para mitra strategis. Contohnya, #JagaEkonomiIndonesia, Waktu Indonesia Belanja (WIB) dan lainnya.”

“Melalui berbagai inisiatif yang dihadirkan, kami melihat antusiasme yang semakin luar biasa dari masyarakat dalam bertransaksi online, bahkan selama pandemi,” tambah Nuraini.

Baca Juga: Tawarkan 4 Keuntungan Ini, Transaksi Produk Asuransi Gadget di Tokopedia Naik 70 Kali Lipat

Lebih lanjut, berikut temuan-temuan menarik yang ditemukan oleh Tokopedia di platfromnya:

1. Jumlah Pesanan dan Produk Terbanyak Dibeli

Berdasarkan data internal, seorang pengguna Tokopedia diketahui telah berbelanja hingga 19.000 kali dan menjadikannya pengguna dengan jumlah pesanan terbanyak dibeli.

Di sisi lain, produk yang paling banyak dibeli dalam satu pesanan oleh pengguna adalah baterai (jam dan kalkulator), yakni sebanyak 32.500 buah.

2. Transaksi Paling Jauh dan Peningkatan Transaksi Antarpulau

Transaksi paling jauh di Tokopedia selama 2020 adalah dari Banda Aceh ke Merauke. Transaksi antarpulau pun meningkat lebih dari 2x lipat jika dibandingkan dengan 2019.

3. Total Jarak Kirim Paket

Selama 2020, jarak pengiriman paket pesanan para pengguna Tokopedia mencapai lebih dari 46 miliar kilometer.

Bahkan saat ini, sekitar 2 dari 3 pesanan yang terjadi di Tokopedia berhasil sampai ke pembeli di hari yang sama atau keesokan harinya.

4. Produk Makanan Paling Laris

Kampanye Tokopedia Nyam! hadir untuk mempermudah masyarakat mendapatkan produk makanan dan minuman tanpa harus keluar rumah.

Tiga produk yang paling laku di program Terbukti Nyam! adalah madu, kopi, dan frozen food.

5. Penjualan Produk Kesehatan Melonjak

Banyak penjual di Tokopedia yang menyediakan produk kesehatan yang paling dibutuhkan masyarakat selama 2020.

Total masker yang terjual mencapai lebih dari 5x total penduduk pulau Jawa. Di sisi lain, jumlah hand sanitizer yang terjual mencapai 4x total penduduk Bali.

5. Kenaikan Jumlah Penjual Baru

Jumlah penjual baru yang bergabung di Tokopedia selama 2020 bisa mengisi penuh Stadion GBK sebanyak 36x.

Saat ini, Tokopedia memiliki lebih dari 9,9 juta penjual, di mana hampir 100%nya adalah UMKM, bahkan 94% berskala ultra mikro.

6. Berbagi Kebaikan di Tengah Pandemi

Sepanjang 2020, masyarakat Indonesia telah mengumpulkan hampir Rp80 miliar lewat fitur Donasi, Zakat dan Qurban di Tokopedia.

Baca Juga: Engineer Tokopedia Berbagi Wawasan Terkait Meningkatkan Budaya Kewaspadaan di Dalam Sistem Perusahaan