Find Us On Social Media :

Tren Digital Marketing di Tahun 2021 yang Penting Diperhatikan Bisnis

By Rafki Fachrizal, Senin, 25 Januari 2021 | 14:45 WIB

Ilustrasi Digital Marketing

Seiring dengan perkembangan teknologi yang kian maju, bisnis kecil dan menengah terus berupaya untuk beradaptasi dengan perkembangan yang ada.

Bisnis-bisnis konvensional kini tengah menyibukkan diri untuk ‘go-digital’ serta memperkuat upaya pemasaran yang ada memanfaatkan pemasaran digital atau yang lebih dikenal sebagai digital marketing.

Patrick Vaz, Country Manager Zilingo, mengungkapkan bahwa pemasaran digital semakin mengukuhkan peranannya di tengah metode pemasaran dan periklanan tradisional, dan merupakan cara yang efektif untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari anggaran pemasaran bisnis.

“Berinvestasi dalam digital marketing tidak hanya menjadi sebuah keputusan yang bijak, namun dapat menjadi saluran pemasaran yang efektif untuk membantu Anda mengembangkan bisnis serta mendorong keinginan pelanggan untuk mengetahui penawaran produk Anda lebih lanjut.

Baca Juga: Mudah, Ini Cara Bikin Akun Toko Sampai Bisa Berjualan di Shopee

Terkait dengan pemasaran digital sendiri, Patrick berbagi wawasan kepada para pelaku bisnis mengenai tren dan cara mendorong strategi pemasaran digital Indonesia pada tahun 2021. Berikut wawasan tersebut:

1. Posisi nol pada hasil pencarian Google

Selama bertahun-tahun, tujuan SEO Anda adalah untuk mendapatkan posisi “nomor satu" di hasil pencarian pengguna.

Memasuki tahun baru, tujuan SEO tersebut telah bergeser menjadi visibilitas SEO di "posisi nol".

Posisi nol mengacu pada pembuatan judul dan deskripsi halaman (atau "cuplikan") milik Google yang sepenuhnya dibuat otomatis dan dipisahkan oleh kotak kecil dan terletak di bagian atas.

Lebih penting lagi, Google snippet ini juga menampilkan informasi tambahan yang relevan dengan menjawab pertanyaan pengguna tanpa perlu mengklik laman tersebut.

“Google menggunakan sejumlah sumber berbeda untuk informasi ini, termasuk informasi deskriptif dalam judul dan tag meta untuk setiap halaman. Anda dapat memperbarui konten Anda dengan menjawab pertanyaan kata kunci secara jelas dan ringkas, sebaiknya dengan daftar berpoin atau struktur tabel dan dilengkapi dengan judul yang deskriptif,” jelas Patrick.

2. Live streaming terus mendukung keterlibatan pelanggan