Find Us On Social Media :

Review realme C17: Smartphone Entry-level dengan Memori Besar

By Dayu Akbar, Sabtu, 30 Januari 2021 | 10:00 WIB

realme C17.

Saat ini batasan spesifikasi pada smartphone antara segmen makin tipis bedanya. Jika dulu smartphone kelas entry-level punya spesifikasi rendah, kini hal itu mulai bergeser; setidaknya ini yang coba dihadirkan realme C17. Hal tersebut terlihat pada beberapa fitur serta spesifikasi yang diusung oleh realme C17. Misalnya saja desainnya yang kekinian, hadirnya empat kamera belakang, layar dengan refresh rate 90 Hz, serta kapasitas memori utama dan media simpan internal yang “sangat” besar.

Fitur-fitur yang kami sebut tadi biasanya memang disematkan pada smartphone kelas menengah dan nyatanya hadir pada realme C17. Padahal smartphone realme seri C sewajarnya ditujukan untuk segmen entry-level. realme C17 sendiri melengkapi jajaran seri C yang meluncur di Indonesia; sebelumnya telah hadir realme C11, realme C12, dan realme C15.

Meski berada di kelas yang sama, realme C17 punya SoC yang berbeda dengan realme C15. Jika C15 menggunakan Mediatek Helio G35, C17 menggunakan Snapdragon 460. Sama-sama menggunakan CPU octa core, tetapi Snapdragon 460 punya technology node lebih kecil yaitu 11 nm yang seharusnya lebih irit konsumsi daya.

Selain unit smartphone realme C17, dalam paketnya sudah terdapat kabel USB Type-C, 18W Quick Charge, buku panduan, dan case silikon untuk melindungi smartphone.

Menemani SoC ini digunakan memori utama dengan kapasitas besar di kelasnya yaitu 6 GB. Tidak hanya itu, media simpan internal juga hadir dengan kapasitas 256 GB. Ini tentu saja lega sehingga Anda dapat lebih mudah menyimpan berkas kerja, multimedia, sampai foto atau video dengan resolusi Full HD. Begitu pula bagi yang ingin memasang aneka gim terbaru yang memiliki ukuran besar; tentu akan lebih tanpa masalah.

Sebagai seri C paling tinggi saat ini, realme C17 juga mengunggulkan fitur layar yang dilengkapi Ultra Smooth Display 6,5 inci dengan refresh rate 90 Hz dan sampling rate 120 Hz. Alhasil, gerakan sentuhan pada layarnya menjadi sangat mulus. Ini menjadikannya sebagai smartphone realme Seri C pertama dengan refresh rate 90 Hz. Dan untuk memberikan pilihan, terutama dalam hal konsumsi daya, realme menyediakan pilihan untuk berpindah refresh rate secara otomatis maupun manual antara 60 Hz dan 90 Hz. Hadir dengan tampilan punch-hole, realme C17 memiliki rasio layar terhadap bodi sebesar 90% serta sudah terlindungi Gorilla Glass.

Jika biasanya desain smartphone entry-level memiliki bodi belakang berbahan kesat, realme C17 menggunakan lapisan glossy yang membuatnya terlihat lebih menarik dengan desain kekinian.