Find Us On Social Media :

Jokowi: Gunakan Momentum Pandemi untuk Percepat Transformasi Digital

By Liana Threestayanti, Kamis, 25 Februari 2021 | 12:10 WIB

Presiden Joko Widodo membuka acara Microsoft DevCon 2021 yang bertema Accelerating Indonesia's Digital Economy.

Membuka ajang Microsoft DevCon 2021, Presiden Joko Widodo menyampaikan rasa optimis bahwa Indonesia justru memiliki energi yang lebih besar untuk bertransformasi digital pasca pandemi.

Berkat transformasi digital yang telah dimulai sebelum pandemi, Indonesia bisa bertahan di tengah pandemi. “Transformasi digital menjadi kunci untuk bertahan di masa pandemi, membantu kita bekerja lebih cepat dan efisien, tetap produktif di tengah keterbatasan interaksi,” ungkap Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat membuka Microsoft Devcon 2021, hari ini (25/02).

Namun Jokowi juga mengingatkan bahwa pandemi harus menjadi momentum untuk mendorong percepatan transformasi digital di berbagai lini, mulai dari digitalisasi di sisi pemerintahan, perekonomian, masyarakat, dan infrastruktur. 

Meski begitu, percepatan tidak mungkin dilakukan hanya oleh pemerintah. Jokowi mengajak seluruh komunitas digital Indonesia untuk berpartisipasi aktif dalam proses ini. “Baik melalui investasi pembangunan pusat data, mempercepat program literasi digital, dan yang tak kalah pentingnya adalah pengembangan talenta digital secara masif,” ujarnya. 

Siapkan Talenta Digital Indonesia

Indonesia memiliki potensi yang besar, seperti populasi terbesar keempat di dunia, penetrasi internet yang terus meluas sejalan pembangunan infrastruktur digital yang giat dilakukan Pemerintah agar bisa menjangkau seluruh pelosok Indonesia. Potensi besar itu juga terlihat pada pasar digital Indonesia yang sangat menjanjikan. 

“Kita berharap potensi yang besar ini bisa ditangkap oleh perusahaan digital baik yang ada di Indonesia maupun di luar, sehingga akan membuka lapangan kerja baru yang sebanyak-banyaknya, terutama untuk penduduk usia produktif yang kita miliki dalam jumlah sangat besar,” ucap Jokowi. 

Berdasarkan data, ada sekitar 2,9 juta anak muda yang masuk pasar kerja. Untuk itu mereka perlu dipersiapkan dengan baik. Dan salah satunya adalah menjadikan mereka talenta digital yang berkualitas.

Menghasilkan talenta digital yang berkualitas dan dalam jumlah besar tentu bukan hal mudah. Menurut Jokowi, dibutuhkan langkah-langkah yang terencana, detail dan sistematis. Dan itu harus dimulai dari hulu, yakni penanaman literasi digital khususnya di institusi pendidikan. 

Dan Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa pandemi juga menghadirkan momentum bagi literasi digital karena semua aktivitas, termasuk kegiatan belajar mengajar, sebagian besar harus dilakukan secara daring. “Saya minta momentum ini digunakan secara sebaik-baiknya dengan melibatkan komunitas digital indonesia yang saya banggakan,” Jokowi mengimbau.

Dorong Pelatihan Digital UMKM

Jokowi juga menaruh perhatian pada transformasi digital di sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). “Kita juga ingin transformasi digital bisa menyasar jutaan UKM di Indonesia. Kita harus mampu menggunakan momentum pandemi ini untuk menyiapkan UMKM bisa naik kelas,” Jokowi menegaskan.