Find Us On Social Media :

IBM Call for Code Global Challenge 2021 Cari Solusi Perubahan Iklim

By Liana Threestayanti, Rabu, 31 Maret 2021 | 16:30 WIB

IBM Call for Code Global Challenge 2021.

IBM mengumumkan peluncuran Call for Code Global Challenge 2021 yang kali ini mengajak para developer dan inovator untuk memerangi perubahan iklim dengan teknologi open source. 

Di ajang ini, IBM berkolaborasi dengan Pencipta Call of Code, David Clark Cause, Charitable Partner United Nations Human Rights, dan Linux Foundation.

"Tim pemenang dari setiap Call for Code Global Challenge akan mendapatkan $200.000, dan dukungan dari IBM Service Corps, ahli teknis, serta mitra ekosistem untuk menginkubasi teknologi mereka, membuat kode open sourcec terbuka agar tersedia untuk digunakan oleh siapa pun, dan men-deploy solusi mereka di lapangan dalam komunitas di seluruh dunia," jelas David Clark, CEO David Clark Cause, dan Pencipta Call for Code.

David menjelaskan bahwa kompetis tahun ini akan fokus pada tiga sub-tema yang merupakan kunci untuk memerangi perubahan iklim: air bersih dan sanitasi; bebas kelaparan; dan produksi yang bertanggung jawab serta konsumsi penghijauan.

Solusi untuk Akses Pangan dan Air

Selaras dengan temanya, IBM menggandeng mitra baru Heifer International dan charity: water.  Dalam gerakan Call for Code, Heifer International akan menyumbangkan keahliannya dalam mengurangi kelaparan dan kemiskinan melalui investasi pada petani lokal dan komunitasnya.

"Petani kecil memproduksi sebagian besar makanan dunia dan berada di garis depan gerakan mengatasi krisis iklim. Dengan adanya akses informasi dan teknologi, mereka dapat membuat keputusan berdasarkan informasi apa yang akan ditanam dan kapan waktu menanam yang tepat, sehingga memungkinkan mereka meningkatkan pendapatan, sembari memenuhi kebutuhan pangan dunia," jelas David Gill, Direktur Senior Inovasi Teknologi untuk Heifer International. 

David mengungkapkan kegembiraannya dapat bergabung dengan IBM, developer serta komunitas open source dalam mendukung pengembangan solusi inovatif yang berpotensi besar meningkatkan akses ke air, makanan, dan pasar bagi jutaan orang di dunia.

Kecerdasan Kolektif dan Teknologi Mutakhir untuk Iklim

Advokasi multi-cabang IBM untuk kelestarian lingkungan sudah ada sejak beberapa masa yang lalu. Awal tahun ini, IBM mengumumkan akan mencapai nol emisi gas rumah kaca pada tahun 2030 melalui prioritas pengurangan emisi, upaya efisiensi energi, dan peningkatan penggunaan energi bersih di lebih dari 175 negara tempatnya beroperasi. Dan baru-baru ini juga, IBM Research mengumumkan kemajuan dalam percepatan penemuan teknologi penangkapan, pemisahan, dan penyimpanan karbon baru.

"Perubahan iklim adalah salah satu masalah paling mendesak saat ini, dan kita harus menerapkan kecerdasan kolektif serta teknologi mutakhir untuk menciptakan perbedaan yang bertahan selamanya," kata Ruth Davis, direktur Call for Code, IBM. 

Ruth menjelaskan, bersama ekosistem mitranya, IBM akan bekerja dengan tim pemenang untuk menginkubasi dan men-deploy solusi mereka di komunitas yang paling membutuhkannya, seperti yang telah dilakukan IBM bersama para pemenang sebelumnya.