Find Us On Social Media :

Snapchat Makin Kaya Fitur, Begini Contoh Pemanfaatannya untuk Bisnis

By Liana Threestayanti, Senin, 24 Mei 2021 | 22:45 WIB

Di ajang SPS 2021, Snap Inc. mengumumkan sejumlah tool AR terbaru dan menyajikan pengalaman kamera terbaru bagi Snapchatter, kreator, dan bisnis.

Di ajang Snap Partner Summit (SPS) 2021, Snap Inc. mengumumkan sejumlah tool augmented reality (AR) terbaru dan menyajikan pengalaman kamera terbaru bagi para Snapchatter dan para kreator, bahkan untuk bisnis. 

Bersama para mitranya dan komunitas Lens Creator, Snap terus mengembangkan Snapchat Camera yang lebih cerdas dan mumpuni sehingga dapat mentransformasi cara penggunanya berinteraksi dengan dunia di sekitarnya melalui pengalaman AR yang kaya.

Rata-rata lebih dari 5 miliar Snap dibuat pengguna setiap harinya. Fakta ini menjadikan kamera Snapchat sebagai salah satu yang paling banyak digunakan di dunia. Nah apa saja fitur-fitur baru pada Snapchat yang diperkenalkan Snap di ajang Snap Partner Summit 2021.

Scan dan Camera Shortcuts

Seperti diketahui, fitur Scan memungkinkan para Snapchatter mencari jutaan Lens dengan cepat dan mudah, yaitu dengan mencocokkan apa yang dilihat melalui kamera dan pengalaman AR yang paling relevan di Snapchat. 

Lebih dari 170 juta Snapchatter  menggunakan Scan setiap bulannya, dan menampilkan Lens yang menyenangkan dan informatif, baik dari para kreator maupun mitra Snap. 

Yang baru di Snapchat adalah tombol Scan kini berada tepat di tengah camera screen utama di aplikasi Snapchat. Akan lebih mudah bagi para Snapchatter untuk menemukan Lens yang menarik dan informatif. 

Snap juga terus menambahkan kategori kecerdasan baru pada fitur Scan, misalnya fashion dan food. Screenshop akan segera menyajikan rekomendasi belanja dari ratusan merek saat pengguna menggunakan fitur Scan untuk memindai pakaian yang dikenakan temannya. Atau, pengguna juga bisa memilih foto dari Memories untuk kemudian dipindai (Scan) dengan Screenshop. Dengan cara ini, Snap menghadirkan semacam "personal shopper" di Camera. 

Mitra lain, yaitu Allrecipes akan menghadirkan rekomendasi resep berdasarkan bahan-bahan yang dipindai oleh kamera Snapchat.

Fitur baru lainnya adalah Camera Shortcuts, yang merupakan kombinasi berbagai took kreatif, untuk memudahkan pengguna mengabadikan momen dan membagikannya. Camera Shortcuts akan menyarankan mode kamera, Lens, dan soundtrack yang relevan dengan apa yang dilihat melalui kamera Snapchat.

Pembaruan Aplikasi Lens Studio

Snap juga memperkenalkan pembaruan pada Lens Studio, yaitu aplikasi desktop gratis, yang memungkinkan para kreator, developer, atau bisnis membuat, mempublikasikan, dan mempromosikan Lens. Pembaruan ini memungkinkan para kreator menciptakan Lens yang lebih inovatif untuk berbagai kebutuhan, seperti game, belanja, edukasi, dan lain-lain.