Find Us On Social Media :

Begini Strategi BRI dalam Membangun Organisasi yang Data-driven

By Liana Threestayanti, Kamis, 17 Juni 2021 | 18:40 WIB

Ilustrasi organisasi yang didukung data (data driven).

Dalam perjalanan mewujudkan mimpi besarnya untuk menjadi The Most Valuable Banking in South East Asia, PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk. harus terlebih dulu menjadi pemimpin di sektor keuangan dalam hal digital dan kematangan teknologi informasi (TI).

Dan salah satu pilar penopang yang akan mengantarkan BRI sebagai yang terdepan dalam layanan digital adalah organisasi yang data-driven. Oleh karena itu, data pun menjadi fokus utama BRI guna memungkinkan perusahaan bekerja, menganalisis, mengambil kesimpulan, dan menetapkan suatu kebijakan dengan menggunakan analisis data secara tepat dan memadai.

Untuk menjawab tantangan menjadi Data Driven Organization, BRI secara khusus membangun unit kerja atau divisi tersendiri untuk mengelola data 

“Salah satu tugas Divisi Enterprise Data Management (EDM) ini adalah mengelola infrastruktur data dengan benar dan tidak terpisah-pisah. Pengelolaan Data harus dilakukan dengan benar sehingga proses akuisisi, penyimpanan, pengolahan, sampai penyajiannya bisa dikelola di satu tempat,” tutur I Gede Kukuh Adi Perdana, Head of Data Analytics, BRI.  

Dan ketika berbicara tentang data di lingkungan perusahaan, bukan hanya proses dan penyajiannya saja yang harus dipikirkan. “Yang paling penting adalah Tata Kelola (Governance) dan Keamanannya (Security) karena di era digital ini yang paling krusial sehubungan dengan Data adalah masalah privasi dan sekuriti data. Oleh karena itulah Divisi EDM dibentuk dengan tujuan agar fokus ke arah pengelolaan, pengamanan dan pemanfaatan data,” Kukuh menambahkan.

Dari sisi infrastruktur, sejak tahun 2017 BRI telah melakukan transformasi digital untuk menyiapkan layanan perbankan BRI sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Salah satu strategi transfromasi digital tersebut adalah mengimplementasikan teknologi berbasiskan data seperti Big Data Platform, Streaming Data Platform, Virtualize Data Platform dan Visualize Data Platform untuk mendukung transformasi digital tersebut. 

Bangun Budaya Literasi Data

Di dalam transformasi digital, proses transformasi tidak hanya dilakukan di sisi teknologi saja. Transformasi juga dilakukan di sisi proses dan sumber daya manusia di dalam organisasi. Salah satu strategi BRI di dalam menjalankan transformasi digital adalah dengan membangun kapabilitas sumber daya manusianya juga untuk itu BRI juga membangun budaya literasi data. “Mengapa literasi data ini penting? Karena belum semua pihak menyadari bahwa data akan selalu digunakan oleh seluruh pihak di dalam proses pengambilan keputusan. Anggapan bahwa data adalah urusan dari orang TI saja, sehingga apapun sehubungan dengan data baik dari proses pencarian data, pengumpulan data, pengolahan data hingga penyajian data adalah urusan teman-teman TI dalam kata lain adalah urusan Divisi EDM saja," jelas professional yang telah lebih dari 10 tahun berkarier di bidang Teknologi Informasi ini. Padahal insight akan lebih kaya dan bermanfaat jika dalam proses penggalian dan analisis data melibatkan tim bisnis.

Menurut Kukuh, membangun awareness sehubungan dengan data harus dilakukan oleh semua pihak termasuk teman-teman di tim bisnis harus terlebih dulu ditingkatkan keingintahuannya. Anggapan bahwa kami bukan orang TI menjadi tantangan tersendiri dalam membangun awareness ini. “Oleh karena itu kami mengajak teman-teman untuk belajar tentang data. bagaimana data tersebut memperoleh, mengolah, menyajikan, dan yang paling penting adalah bagaimana mereka dapat menyampaikan (insight) dalam bentuk story telling. Karena dengan story telling, mereka bisa menyampaikan apa yang ada dalam pikiran mereka (business knowledge), apa yang ada di data sehingga manajemen dapat langsung memahami apa saja action item-nya dan rekomendasinya,” jelasnya. 

Terapkan Analitik Swalayan 

Salah satu outcome dari membangun budaya data literasi adalah inisiatif Demokratisasi Data. Menerapkan pendekatan demokratisasi data itu, di mana setiap orang dalam organisasi dapat mengakses, mengolah dan menyajikan data untuk membantu proses pengambilan keputusan, untuk itu BRI pun menyediakan layanan self-service analytics. “Jadi Divisi EDM menyediakan satu area untuk melakukan pengolahan data, di mana di dalamnya terdapat dataset-dataset yang dapat diakses dan digunakan oleh user, sehingga user dapat langsung mengolah data secara mandiri. Proses pengolahan data secara mandiri harus dapat digunakan dengan mudah atau less code," ujar Kukuh. Tableau adalah Data Visualize Platform yang diimplementasikan di BRI untuk membantu terselenggaranya Demokratisasi Data 

Solusi Tableau sendiri sebenarnya telah digunakan di lingkungan TI dan keuangan di BRI sejak tahun 2016. Awalnya Tableau diimplementasikan untuk menjawab tantangan penyajian data dengan cepat dan menarik. “Sebelum menggunakan Tableau, kami harus melakukan coding, memakai CSS atau HTML, untuk membuat tampilan grafik yang menarik. Sampai akhirnya manajemen bilang, kok ribet sekali ya menampilkan data,” cerita Kukuh.