Find Us On Social Media :

Pentingnya Membangun Data Center yang Tangguh dan Berkelanjutan

By Rafki Fachrizal, Rabu, 16 Juni 2021 | 20:00 WIB

Ilustrasi Data Center

Schneider Electric memperkirakan industri TI akan mengkonsumsi 8,5% listrik global pada tahun 2035, di mana sebagian besar dari konsumsi ini berasal dari data center (pusat data).

Diperkirakan juga bahwa pada tahun 2025, penggunaan energi oleh industri IT akan membengkak menjadi 20,9% dari total global, menyumbang 5,5% dari emisi gas rumah kaca global.

Melihat prediksi tersebut, menunjukkan bahwa upaya untuk memastikan kelestarian lingkungan semakin lebih besar dilakukan.

Saat ini, tercatat telah banyak perusahaan/organisasi yang sadar dan mulai memperhatikan konsumsi karbon mereka dengan cermat dan meminimalkan beban mereka terhadap lingkungan.

“Ketika perusahaan bergerak menuju digitalisasi produk dan layanan, kesuksesan bisnis semakin bergantung pada data center yang andal dan berkelanjutan, serta mitra penyedia layanan yang bertanggung jawab,” kata Yana Achmad Haikal, Business Vice President Secure Power Schneider Electric Indonesia & Timor Leste, dalam konferensi pers virtual yang digelar hari ini, Rabu (16/05/21).

“Pelaku bisnis mencari penyedia layanan data center yang dapat menerapkan pendekatan yang lebih beragam dan fleksibel untuk kebutuhan migrasi cloud dan edge mereka, membangun ekosistem digital yang lebih kuat, dan membutuhkan lebih banyak dukungan dalam upaya menggabungkan fitur produk sebagai bagian dari layanan yang mereka berikan kepada pelanggan,” tambah Yana.

Sebagai informasi, Schneider Electric akan menggelar Innovation Day: Sustainable Digital Transformation Indonesia 2021 secara virtual besok, 17 Juni 2021.

Pada acara tersebut, Schneider Electric akan membahas berbagai topik menarik, salah satunya tentang bagaimana data center masa depan mengakomodasi permintaan pasar yang meningkat dengan meningkatkan kinerja di empat bidang utama.

Keempat bidang tersebut yakni Keberlanjutan (bagaimana data center dapat mengakomodasi kebutuhan pengelolaan data secara keberlanjutan di seluruh rantai pasok); Efisiensi (pemanfaatan sensor cerdas, menambahkan lebih banyak layanan digital dan kemampuan remote monitoring untuk mendorong alur kerja sumber daya manusia yang lebih efisien dan mengurangi downtime); Fleksibilitas (dalam hal desain, implementasi dan layanan yang dalam diskalakan sesuai dengan kebutuhan saat ini dan masa depan); dan Ketahanan (Menerapkan predictive analytic untuk menghemat, mencegah downtime, dan mengoptimalkan masa pakai peralatan dan mengurangi biaya modal).

Kenalkan Dua Solusi Data Center Terbaru

Dalam acara virtual tersebut, Schneider Electric juga akan memperkenalkan dua solusi terbarunya ke pasar Indonesia yang semakin memperkuat strategi digital customer dalam membangun data center yang lebih tangguh dan berkelanjutan.

Solusi yang pertama yaitu EcoStruxure Micro Data Center 43U. Solusi ini menawarkan kapasitas terbesar di lini micro data center komersial dan kantor perusahaan dan dapat dipantau dari jarak jauh dengan EcoStruxure IT Software and Digital Services.

Mampu menghemat hingga 48% biaya Capex dan 40% biaya field engineering, solusi ini juga mampu mengurangi biaya perawatan sebesar 7%.